ABSTRAK :
ABSTRAK
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP FASILITAS
RUANG TUNGGU TERMINAL DOMESTIK BANDARA UDARA
INTERNASIONAL YOGYAKARTA
Studi Kasus Pada PT (persero) Angkasa Pura I di Yogyakarta.
Yohanis Alfred Edward Petrusz
Sekolah Tinggi Teknologi
Adisutjipto Yogyakarta
2020
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) profil
konsumen yang menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, terminal
Bandara Internasional Yogyakarta; dan 2) Tingkat kepuasan konsumen
setelah menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, terminal Bandara
Internasional Yogyakarta ; 3) Perbedaan tingkat kepuasan konsumen setelah
menggunakan fasilitas terminal, Bandara Internasional Yogyakarta ditinjau
dari aspek usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan terakhir, status pekerjaan
dan tingkat pendapatan per bulan.
Penelitian ini menggunakan Analisis Persentase dengan pengukuran
Skala Likert untuk penyelesaian masalah pertama, Analisis Indeks
Kepuasan Pelanggan dengan pengukuran Skala Likert untuk menyelesaikan
permasalahan kedua dan Analisis Chi-Square dengan pengukuran Skala
Likert untuk menyelesaikan permasalahan ketiga. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian
ini menggunakan 100 sampel yang diperoleh dengan cara Purposive
Sampling.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) karakteristik atau profil
konsumen yang menggunakan fasilitas ruang tunggu internal, Bandara
Internasional Yogyakarta sebagian besar berjenis kelamin Pria, berusia
antara 29-39 tahun, pendidikan terakhir D3/S1/S2/S3, status pekerjaan
adalah pegawai swasta, dengan pendapatan per bulan antara Rp.2.000.000-
Rp.6.000.000. 2) pendapat konsumen terhadap fasilitas ruang tunggu
terminal Bandara Adisutjipto, menyatakan bahwa sebagian besar konsumen
merasa sangat puas yaitu 61% responden merasa “sangat puas”, 18%
responden merasa “puas”, serta 21% responden merasa “tidak puas”; dan 3)
ada perbedaan tingkat kepuasan konsumen terhadap fasilitas ruang tunggu
internal, terminal Bandara Internasional Yogyakarta berdasarkan aspek
golongan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan terakhir, status pekerjaan,
dan tingkat pendapatan per bulan.( F=100 ; p ≤ 0,05)
|