© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

MODIFIKASI MATERIAL, ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR DAN MANUFAKTUR SAYAP PESAWAT TRAINER-5774
Penulis
SUCIARI DEWI WIDYA TRIANI
Pembimbing : Moh.Ardi Cahyono,S.T.,M.T. - Lazuardy Rahendra Pinandhita,S.T., M.T.

ABSTRAK :
Modifkasi Material, Analisis Kekuatan Struktur Dan Manufaktur Sayap Pesawat Trainer-5774 Oleh : Suciari Dewi Widya Triani 16050104 ABSTRAK Unmanned Aerial Vechicle (UAV) merupakan salah satu dari jenis pesawat terbang. Pesawat Trainer merupakan bagian dari pesawat terbang dimana pesawat ini dikendalikan oleh remote control untuk penerbangannya. Pesawat Trainer merupakan pesawat latih yang biasa digunakan oleh Aeromodeller. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mendesain pesawat adalah kekuatan dan ketahanan dari struktur wing dalam menerima beban pesawat yang terdistribusi. Selain desain struktur dan pembebannya, kriteria kekuatan struktur juga dipengaruhi oleh kekuatan material yang akan digunakan, maka penulis melakukan analisis kekuatan struktur dan manufaktur pada wing pesawat Trainer-5774. Proses yang dilakukan adalah melakukan mulai dari pemodelan atau modifikasi sayap pesawat menggunakan CATIA V5R20 yang kemudian dilakukan analisis struktur wing dengan diberi beban pesawat menggunakan ANSYS 19. Mencari nilai kekuatan struktur wing dapat dilakukan setelah memporeleh hasil dari analisis struktur untuk mengetahui Failure criteria dimana nilai tersebut ≤ 1 untuk struktur komposit dikatakan aman sedangkan > 1 untuk struktur komposit dikatakan tidak aman atau akan mengalami kegagalan ketika menerima beban. Perhitungan MS juga dilakukan untuk menghitung kekuatan material kayu dimana nila Margin of Safety ≥1 dikatan aman. Struktur wing dikatakan aman dalam menahan beban yang bernilai 4,22 N pada kondisi terbang level maupun terbang manuver load factor n=2 dengan beban sebesar 8,44N. Maka didapat nilai analisis struktur sayap sebesar 58,505 MPa, pada bagian Spar atas dan bawah sebesar 58,043 dan 55,476 dan bagian Joiner sebesar 0,69 dengan beban 4,22 N. Untuk Failure criteria nilai terbesar yaitu pada bagian Joiner 7,967 dengan beban manuver dan nilai terkecil 0,026 pada bagian Spar. Nilai margin of Safety terkecil terjadi pada bagian spar ketika manuver sebesar 4,142. Setelah dilakukan analisis dilanjutkan dengan proses manufaktur sesuai dengan desain yang telah dibuat. Kata Kunci: Trainer-5774, analisis struktur, Failure criteria, load factor


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SUCIARI DEWI WIDYA TRIANI
NIM : 16050104
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024