ABSTRAK :
ABSTRAK
Kendaraan bermotor saat ini merupakan penghasil polutan yang besar berupa emisi gas buang di antara nya Karbon Monoksida (CO),Hidrokarbon (HC), Nitrogen Dioksida (Nox) dan Sulfur Dioksida (SO2) yang memiliki dampak yang burukterhadap kesehatan tubuh manusia sehingga dibutuhkan strategi mengetahuikadar emisi gas buang saat menggunakan catalytic converterdan tanpa mengunakan catalytic converter.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan tembaga (Cu) sebagai catalytic converterdan nilai keluaran karbon monoksidadan hidrokarbonserta mengkaji hasil emisi karbon monoksidadan hidrokarbon pada mesin bensin.
Strategi untuk mengetahui besar konsentrasi emisi gas buang kendaraan bermotor adalah dengan pemasangan catalytic converter yang merupakan suatu jenis komponen yang berfungsi sebagai kontrol konsentrasi emisi gas buang pada kendaraan bermotor seperti CO, HC, NOx, SOx dan sebagainya. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun sebuah komponen catalytic converter dengan menggunakan tembaga (Cu) sebagai catalytic yang dipasang pada saluran buang,kemudian dilakukan pengujian dengan variasi putaran mesin.
Hasil pengambilan data dan pembahasan yang dilakukan menunjukkan bahwa emisi gas buang CO dan HC saat menggunakan catalytic converter dengan diameter lubang 4 mm dan jumlah lubang 5 dengan panjang 67,80 mm pada 6000 rpmmemiliki hasil yang baik. Kadar CO menurun sebesar 11,2 % dan konsentrasi HC menurun sebesar 61,8%. Maka dengan demikian secara keseluruhan pemasangan Catalytic Converter jenis plat tembaga dapat menurunkan emisi gas buang dibanding tanpa menggunakan Catalytic Converter.
Kata kunci: tembaga, catalytic converter, emisi gas buang, mesin bensin.
|