ABSTRAK :
Pengaruh Variasi Parameter Bypass Ratio terhadap Performa Turbofan Engine
GE-90 dengan Menggunakan Software PARA (Parametric Cycle Analysis)
Ditulis oleh:
Viki Gilang R.S.A
NIM: 14040053
Dosen Pembimbing I : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing II : C. Sukoco B, S.T., M.T.
ABSTRAK
Penggunaan engine yang efektif dan efisien pada pengoperasian moda
transportasi udara merupakan awal dari peningkatan kualitas manajemen dari sebuah
maskapai penerbangan. Pada saat ini, pesawat komersial modern telah banyak
menggunakan engine turbofan. Pengembangan turbofan akan terus dioptimalkan
dengan rancang bangun engine dan efisiensi yang lebih baik di masa depan, sehingga
perlu dilakukan analisis siklus parametrik. Analisis siklus parametrik untuk
mengetahui pengaruh bypass ratio terhadap kinerja engine GE-90 ketika cruising
dapat dilakukan perhitungan menggunakan metode parametric cycle analysis of real
engines secara teoritis dan juga software Parametric Cycle Analysis (PARA) dengan
variasi bypass ratio serta parameter perancangan yang bersifat tetap antara lain
parameter engine dan parameter lingkungan dengan mempertimbangkan faktor
kerugian pada masing-masing komponen dari suatu turbofan engine.
Dengan memvariasikan nilai parameter bypass ratio menggunakan software
PARA diperoleh specific thrust dan penurunan TSFC. Peningkatan bypass ratio
menyebabkan penurunan TSFC ke titik bypass ratio 8,7. Penurunan specific thrust
akibat peningkatan bypass ratio menaikkan TSFC setelah bypass ratio mencapai titik
optimal 8,7. Pada bypass ratio optimum didapatkan nilai specific thrust sebesar 116,1
N(kg/s), thrust specific fuel consumption sebesar 17,02 (mg/s)/N, propulsive efficiency
sebesar 81,079 %, thermal efficiency 42,685 %, dan overall efficiency sebesar 34,609
%. Peningkatan bypass ratio pada keadaan optimal menurunkan specific thrust dan
TSFC sesuai dari tujuan engine design pada turbofan untuk pesawat komersial agar
mendapatkan engine performance dengan penggunaan bahan bakar yang lebih rendah
serta overall efficiency yang tinggi sehingga memberi efek positif ketika cruising untuk
menekan biaya operasional dan menghasilkan lower jet velocity pada tingkat
kebisingan yang lebih rendah bersamaan dengan kontribusi low fuel consumption
untuk mengurangi emisi gas buang.
Kata kunci: engine turbofan, bypass ratio, GE-90, parametric cycle analysis of real
engines, software PARA (Parametric Cycle Analysis)
|