© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH VARIASI PARAMETER BYPASS RATIO TERHADAP PERFORMA TURBOFAN ENGINE GE-90 DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PARA (PARAMETRIC CYCLE ANALYSIS)
Penulis
VIKI GILANG RAMADHAN SYAHRUL ALAM
Pembimbing : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T. - Cyrilus Sukaca Budiono, S.T., M.T.

ABSTRAK :
Pengaruh Variasi Parameter Bypass Ratio terhadap Performa Turbofan Engine GE-90 dengan Menggunakan Software PARA (Parametric Cycle Analysis) Ditulis oleh: Viki Gilang R.S.A NIM: 14040053 Dosen Pembimbing I : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T. Dosen Pembimbing II : C. Sukoco B, S.T., M.T. ABSTRAK Penggunaan engine yang efektif dan efisien pada pengoperasian moda transportasi udara merupakan awal dari peningkatan kualitas manajemen dari sebuah maskapai penerbangan. Pada saat ini, pesawat komersial modern telah banyak menggunakan engine turbofan. Pengembangan turbofan akan terus dioptimalkan dengan rancang bangun engine dan efisiensi yang lebih baik di masa depan, sehingga perlu dilakukan analisis siklus parametrik. Analisis siklus parametrik untuk mengetahui pengaruh bypass ratio terhadap kinerja engine GE-90 ketika cruising dapat dilakukan perhitungan menggunakan metode parametric cycle analysis of real engines secara teoritis dan juga software Parametric Cycle Analysis (PARA) dengan variasi bypass ratio serta parameter perancangan yang bersifat tetap antara lain parameter engine dan parameter lingkungan dengan mempertimbangkan faktor kerugian pada masing-masing komponen dari suatu turbofan engine. Dengan memvariasikan nilai parameter bypass ratio menggunakan software PARA diperoleh specific thrust dan penurunan TSFC. Peningkatan bypass ratio menyebabkan penurunan TSFC ke titik bypass ratio 8,7. Penurunan specific thrust akibat peningkatan bypass ratio menaikkan TSFC setelah bypass ratio mencapai titik optimal 8,7. Pada bypass ratio optimum didapatkan nilai specific thrust sebesar 116,1 N(kg/s), thrust specific fuel consumption sebesar 17,02 (mg/s)/N, propulsive efficiency sebesar 81,079 %, thermal efficiency 42,685 %, dan overall efficiency sebesar 34,609 %. Peningkatan bypass ratio pada keadaan optimal menurunkan specific thrust dan TSFC sesuai dari tujuan engine design pada turbofan untuk pesawat komersial agar mendapatkan engine performance dengan penggunaan bahan bakar yang lebih rendah serta overall efficiency yang tinggi sehingga memberi efek positif ketika cruising untuk menekan biaya operasional dan menghasilkan lower jet velocity pada tingkat kebisingan yang lebih rendah bersamaan dengan kontribusi low fuel consumption untuk mengurangi emisi gas buang. Kata kunci: engine turbofan, bypass ratio, GE-90, parametric cycle analysis of real engines, software PARA (Parametric Cycle Analysis)


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : VIKI GILANG RAMADHAN SYAHRUL ALAM
NIM : 14040053
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024