ABSTRAK :
ABSTRAK
PEMODELAN SISTEM KENDALI PITCH ATTITUDE PADA PESAWAT
BOEING 747 DENGAN MENGGUNAKAN LAG COMPENSATOR
Oleh:
Yustino Efata Kwek
Departemen Teknik Elektro
Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto
efata23yustino@gmail.com
Pesawat terbang modern saat ini telah mengalami perkembangan yang
sangat pesat, hal tersebut dapat dilihat dari berbagai macam sistem yang sudah
sangat kompleks didalam sebuah pesawat modern, salah satu sistem yang
berkembang adalah sistem dalam mengendalikan pesawat itu sendiri atau yang
sering disebut sebagai sistem autopilot. Gerakan pitching adalah gerakan pesawat
terbang berdasarkan sumbu horizontal sehingga gerakan yang terjadi adalah
gerakan naik dan turun pada bagian depan pesawat seperti gerakan mengangguk
yang diatur oleh elevator pada bagian ekor pesawat. Penelitian ini merancang
sistem pitch attitude yang mampu menghasilkan kestabilan yang lebih cepat
berbasis matlab.
Untuk merancang sistem pitch attitude dimulai dengan pengambilan data
gerak longitudinal pesawat, yang kemudian akan diubah menjadi transfer function
gerakan pitch, setelah didapatkan hasil gerakan pitch attitude yang kurang stabil
maka dibuatlah kompensator yang berfungsi untuk mempercepat kestabilan gerak
pitch attitude pada penelitian tugas akhir ini digunakan metode lag compensator.
Dari sepuluh pengujian yang dilakukan diambil salah satu yang mengalami
peningkatan terbesar yaitu pada saat percobaan kesepuluh yang mampu
meningkatkan nilai dari error steady state dengan peningkatan 9.2335% tanpa
mengubah respon transient sistem kendali pitch attitude.
Kata Kunci: Pitch Attitude, Transfer Function, Root-Locus, Lag Compensator.
|