© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

TROUBLESHOOT AIR INLET DOOR NOT OPEN DI APU PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER
Penulis
FIKI ARDIA EFFENDI
Pembimbing : Agung Prakoso, S.T., M.Eng. - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc.

ABSTRAK :
ABSTRAK Auxiliary power unit berfungsi sebagai sumber arus listrik pada saat pesawat mulai start engine, stuktur dari mesin auxiliari power unit terdiri dari beberapa komponen seperti gear box, compressor dan turbine ( hot section), proses kerja dari auxiliary power unit (APU) memanfaatkan udara luar untuk dijadikan percampuran pembakaran, yang diubah tekananya menjadi tekanan tinggi pada ruang bakar (combution), dengan bantuan propeler turbin untuk menghisap udara luar. Terjadi kegagalan dalam proses air inlet door berupa masalah pada actuator biasanya diakibatkan kebocoran atau juga terjadi kerusakan komponen di dalam actuator yang menyebabkan actuator tidak bisa beroprasi, yang mengakibatkan beberapa komponen juga mengalami kegagalan saat beroprasi, seperti ram air inlet dor yang tidak bisa membuka atau menutup. Terdapat kerusakan actuator yaitu pada electrik motor, dikarenakan oleh low insulation resistance, tahanan isolasi dari lilitan motor listrik akan menurun seiring berjalanya waktu, selama motor listrik itu berkerja maka nilai tahananya akan menurun hingga batas terendah sampai electrik motor tidak memungkinkan bekerja, yang mempengaruhi terjadinya low insulation resistance yaitu faktor suhu lingkungan. Setelah mengetahui permasalahan lakukan troubleshooting, menurut prosedur dari AMM( Aircraft Maintenace Manual) dan FIM( Fault Instalation Manual) ATA 49-15-31 task 405. Upacaya yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan yang menyebabkan tidak berfungsinya air inlet door dengan melakukan penggantian actuator. Kata kunci : Auxiliary powre unit, air inlet door, actuator


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FIKI ARDIA EFFENDI
NIM : 17060016
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024