ABSTRAK :
ABSTRAK
Auxiliary power unit berfungsi sebagai sumber arus listrik pada saat pesawat
mulai start engine, stuktur dari mesin auxiliari power unit terdiri dari beberapa
komponen seperti gear box, compressor dan turbine ( hot section), proses kerja
dari auxiliary power unit (APU) memanfaatkan udara luar untuk dijadikan
percampuran pembakaran, yang diubah tekananya menjadi tekanan tinggi pada
ruang bakar (combution), dengan bantuan propeler turbin untuk menghisap udara
luar.
Terjadi kegagalan dalam proses air inlet door berupa masalah pada actuator
biasanya diakibatkan kebocoran atau juga terjadi kerusakan komponen di dalam
actuator yang menyebabkan actuator tidak bisa beroprasi, yang mengakibatkan
beberapa komponen juga mengalami kegagalan saat beroprasi, seperti ram air
inlet dor yang tidak bisa membuka atau menutup.
Terdapat kerusakan actuator yaitu pada electrik motor, dikarenakan oleh low
insulation resistance, tahanan isolasi dari lilitan motor listrik akan menurun
seiring berjalanya waktu, selama motor listrik itu berkerja maka nilai tahananya
akan menurun hingga batas terendah sampai electrik motor tidak memungkinkan
bekerja, yang mempengaruhi terjadinya low insulation resistance yaitu faktor
suhu lingkungan. Setelah mengetahui permasalahan lakukan troubleshooting,
menurut prosedur dari AMM( Aircraft Maintenace Manual) dan FIM( Fault
Instalation Manual) ATA 49-15-31 task 405. Upacaya yang dilakukan untuk
menanggulangi permasalahan yang menyebabkan tidak berfungsinya air inlet door
dengan melakukan penggantian actuator.
Kata kunci : Auxiliary powre unit, air inlet door, actuator
|