TROUBLESHOOTING LOSS OF THE RESERVOIR
PRESSURIZATION CHECK VALVE PADA PESAWAT AIRBUS
A320 |
Penulis ZUHDI SA`DI
Pembimbing : Riski Kurniawan, S. Si., M. Sc - C. Sukaca Budiono. S.T.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Rerservoir pressurization system adalah sistem yang berfungsi untuk
mengolah dan mengalirkan tekanan udara yang akan digunakan oleh cairan
hidrolik pada reservoir agar dapat mengalir ke pump hidrolik. Sistem ini dapat
mengalami kerusakan yang mengakibatkan tekanan udara di reservoir berkurang.
Hal tersebut dapat mengakibatkan cairan hidrolik pada reservoir tidak dapat
dialirkan ke pompa hidrolik.
Proses penelitian diawali dengan melakukan studi literasi mengenai
reservoir pressurization system pada pesawat Airbus A320 baik dari observasi
dan Aircraft Maintenance Manual (AMM). Lalu dilanjutkan dengan melakukan
penelitian pada pesawat Airbus A320 yang sedang mengalami overhaul.
Pengecekan dilakukan pertamakali pada ECAM yang menunjukan bahwa tekanan
udara pada reservoir mengalami penurunan.
Setelah itu dilakukan pengecekan pada sumber tekanan udara yaitu high
pressure compressor engine satu dan pneumatic system engine dua. Seteelah
dilakukan pemeriksaaan pada sumber dan tidak ditemukannya kegagalan maka
pengecekan dilakukan pada komponen reservoir pressurization. Menurut Trouble
Shouting Manual Airbus A320, jika tekanan udara pada pressure gage kurang dari
50 psi maka perlu dilakukan pengecekan pada check valve dan relief valve. Hasil
dari pengecekan tersebut ditemui kerusakan pada check valve dan komponen
tersebut harus diperbaiki. Perbaikan yang dilakukan adalah dengan mengganti
komponen tersebut. Setelah melakukan penggantian komponen check valve,
reservoir pressurization system tekanan udara yang masuk ke reservoir kembali
normal.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ZUHDI SA`DI |
|
NIM |
: 17060013 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|