© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

TROUBLESHOOTING LOW FREQUENCY INTEGRATED DRIVE GENERATOR (IDG) PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION
Penulis
MUHAMMAD FAISOL KURNIAWAN
Pembimbing : Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc. - C. Sukaca, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ABSTRAK Integrated Drive Generator (IDG) merupakan salah satu bagian penting dari pesawat terbang yang terletak pada masing-masing engine. Integrated Drive Generator (IDG) berfungsi sebagai penghasil listrik yang berasal dari putaran engine pada gearbox. Pada IDG terdapat Constant Speed Drive (CSD) yang berfungsi untuk menghasilkan putaran RPM konstan (24,000 RPM) dan terdapat generator yang berfungsi mengubah putaran dari CSD menjadi tegangan 3 fasa, 115 VAC dan 400 Hz. IDG dikontrol oleh Generator Control Unit (GCU) yang berfungsi memonitor kinerja IDG, mengeksitasi exciter rotor, dan proteksi. Juga terdapat Generator Drive and Standby Power yang berfungsi sebagai switch. Jika terjadi kerusakan, akan memutus disconnect mechanism. Sehingga jika IDG terdapat kerusakan maka lampu Drive akan menyala. Sistem ini memiliki berbagai masalah, salah satunya IDG mengalami Underfrequency. Cara mengatasi adanya underfrequency pada IDG adalah dengan cara melakukan GCU Bite Test Procedure. Setelah dilakukannya test hasilnya adalah lampu indikator “IDG Fault” menyala. Berdasarkan Fault Insulation Manual untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengganti IDG yang bermasalah dengan IDG yang baru. Setelah IDG diganti dan dilakukannya operational test pada IDG, lampu indikator Drive pada panel Generator Drive and Standby Power sudah tidak menyala. Hal ini menunjukkan sistem dan komponen Integrated Drive Generator (IDG) sudah serviceable dan kembali normal. Kata Kunci: Integrated Drive Generator (IDG), Generator Control Unit (GCU), Underfrequency.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : MUHAMMAD FAISOL KURNIAWAN
NIM : 17360028
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022