ABSTRAK :
Mechanical flap adalah beberapa komponen yang ada di flap system yang bertugas untuk membantu dalam mengatur pergerakan flap surface baik itu retract maupun extend sesuai perintah dari flap control lever yang ada di cockpit. Flap system yang terdapat pada pesawat Boeing 737-500 memiliki fungsi yaitu untuk meningkatkan gaya angkat (lift) dari sayap pesawat sesuai dengan yang ditentukan saat pesawat akan melakukan takeoff hingga climbing. Ketika pesawat dalam fase approach hingga landing, flap system juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan lebih banyak gaya angkat (lift) pada kecepatan yang relatif rendah.
Pada saat dilakukannya perawatan secara periodik pada mechancial flap, ditemukan sebuah permasalahan yaitu flaps beroperasi 20 detik setiap “Gate” flap control lever digerakan, dimana waktu yang diizinkan oleh Aircraft Maintenance Manual Boeing 737-500 (AMM) AC-27 flight control ialah 11-14. Oleh karena itu dilakukan troubleshooting pada mechanical flap dengan menggunakan metode yang mengacu pada fault isolation manual (FIM) dan juga Aircraft Maintenance Manual (AMM) untuk menemukan cara bagaimana melakukan pemecahan masalahan tersebut.
Pada saat dilakukannya inspeksi apa penyebab dari permasalahan tersebut, ditemukan komponen flap hydraulic motor terjadi kerusakan dimana dinding silinder piston tergores dan kerusakan pada piston silinder. Hal ini disebabkan karena foreign object damage (FOD) masuk bersamaan dengan cairan hidraulik. Karena kerusakan pada flap hydraulic motor tidak dapat diperbaiki, maka dilakukan replacement pada flap hydraulic motor secara keseluruhan. Setelah dilakukan pengujian kembali, flap dapat beroperasi dengan normal dan pesawat laik terbang untuk melakukan kegiatan angkutan udara niaga (serviceable).
Kata kunci: Mechanical flap, Flap system, Flap hydraulic motor
|