ABSTRAK :
STUDI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC TENTANG PENGARUH PENAMBAHAN TRAILING EDGE FLAP PADA NACA SIMETRIS 0021 TERHADAP PERFORMA AIRFOIL
Ditulis oleh : Muhamad Hisyam
NIM: 16040079
Pembimbing 1 : Dr. Teguh Wibowo, S.T., M.T.
Pembimbing 2 : Bahrul Jalaali, S.T., M.Eng.
ABSTRAK
Airfoil digunakan untuk mendapatkan gaya angkat pada desain sayap pesawat. Gaya angkat disebabkan oleh perbedaan kecepatan udara pada airfoil atas dan bawah yang besarnya tergantung pada sudut serang airfoil dan kecepatan udara yang ada disekitarnya. Penelitian ini melakukan permodelan dan simulasi airfoil NACA 0021 yang dilengkapi dengan flap menggunakan software ANSYS 16.5 untuk mengetahui nilai coefficient lift dan drag serta mengetahui perbedaan airfoil NACA 0021 yang dilengkapi flap dengan tidak dilengkapi flap.
Proses simulasi dilakukan dengan variasi defleksi flap serta variasi Angle of Attack (AoA). Pemodelan dilakukan pada software Computer Aided Design – Autodesk Inventor Professional 2020 kemudian desain disimulasikan pada software ANSYS dengan pengaturan dan paramater yang telah ditentukan. Hasil simulasi antara lain coefficient lift, coefficient drag, contour, dan streamline.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa airfoil dengan penambahan flap menghasilkan coefficient lift dan drag yang lebih tinggi dibanding dengan airfoil tanpa flap, serta peningkatan AoA diikuti peningkatan coefficient lift dan drag hingga mencapai titik stall yaitu pada 14°. Coefficient lift maximal pada airfoil flap 30° terjadi pada AoA 13°.
Kata kunci: ANSYS, NACA, flap, coefficient lift, coefficient drag, AoA, stall
|