ABSTRAK :
OPTIMASI TURN AROUND TIME DALAM PERENCANAAN PERAWATAN C05-CHECK+ADD PESAWAT AIRBUS A320-200 DI PT GMF AEROASIA
Dwi Rahmansyah 15050016
ABSTRAK
Perencanaan Turn Around Time (TAT) menjadi proses yang penting dalam perencanaan perawatan pesawat agar lamanya waktu pesawat tidak beroperasi dapat terprediksi. Semakin skecil nilai TAT maka semakin baik. Proses penentuan TAT dimulai dengan membagi manhours tiap pekerjaan dengan kebutuhan manpower tiap pekerjaan sehingga didapatkan hours. Umumnya hours lalu dikalikan dengan faktor pengali yaitu 2, sebelum akhirnya pekerjaan dikelompokan lalu dengan menggunakan metode Critical path method (CPM) dicarilah jalur kritis untuk mendapatkan nilai TAT. Faktor pengali dengan nilai tetap tersebut menghasilkan nilai waktu tidak selalu sesuai dengan besarnya pekerjaan yang dinilai dengan manhours yang sudah ada. Metode program linear digunakan untuk mencari faktor pengali baru untuk nilai manhour 0,1 sampai dengan 3,0 agar didapat nilai waktu yang lebih sesuai, dimana nilai manhours yang lebih kecil akan mendapatkan faktor pengali yang lebih besar dan nilai manhours yang lebih besar akan mendapat faktor pengali yang lebih kecil. Nilai faktor pengali baru selanjutnya digunakan untuk mendapatkan nilai hours baru, lalu metode CPM digunakan untuk mendapatkan jalur kritis sehingga mendapatkan nilai TAT. Jumlah TAT yang diajukan oleh pelanggan adalah 13 hari kalender, sedangkan dalam perencanaan menggunakan metode program linear dan metode CPM mendapatkan nilai TAT sebesar 11 hari kalender.
Kata Kunci: Perencanaan, TAT, Program Linear
|