© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENYEBAB OVER TEMPERATURE OIL SYSTEM PADA PESAWAT GROB G120TP-A MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI SKATEK 043 YOGYAKARTA
Penulis
RIFKI ADI PRATAMA
Pembimbing : Sri Mulyani, S.T., M.Eng. - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M.

ABSTRAK :
ANALISIS PENYEBAB OVER TEMPERATURE OIL SYSTEM PADA PESAWAT GROB G120TP-A MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS DI SKATEK 043 YOGYAKARTA RIFKI ADI PRATAMA 15050103 ABSTRAK Pesawat Grob G120TP-A dengan engine Roll Royce 250-B17F pada oil system menggunakan sistem pelumasan dry-sump lubrication system, dimana oil tank terletak pada airframe yang ditempatkan di mounting engine. Pesawat ini mempunyai special inverted flight oil system yang didesain agar pelumasan pesawat tetap bekerja secara normal saat pesawat terbang pada posisi inverted. Dalam kurun waktu tahun 2016 sampai 2019, ditemukan kegagalan pada oil system sebanyak 48 kali. Analisis ini menggunakan metode fault tree analysis. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan. Metode ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat top down, yang diawali dengan asumsi kegagalan atau kerugian dari kejadian puncak (top event), kemudian merinci sebab-sebab suatu top event sampai pada suatu kegagalan dasar (root cause), kemudian dilakukan evaluasi dengan minimal cut set (MCS). Hasil analisis dengan metode fault tree analysis dengan top event over temperature oil system diperoleh 8 intermediate event dan 12 basic event, serta komponen yang paling sering mengakibatkan terjadinya over temperature oil system adalah oil filter. Kata kunci: Fault Tree Analysis, Oil System, Kegagalan, G120TP-A.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : RIFKI ADI PRATAMA
NIM : 15050103
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024