© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS GROUND TIME TIPE PESAWAT BOEING 737-800 DAN AIRBUS A320 GUNA MENDUKUNG ON TIME PERFORMANCE PESAWAT PADA PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU
Penulis
DANIL MESTINA PUTRA
Pembimbing : Gunawan, S.T., M.T. - Indro Lukito, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ANALISIS GROUND TIME TIPE PESAWAT BOEING 737-800 DAN AIRBUS A320 GUNA MENDUKUNG ON TIME PERFORMANCE PESAWAT PADA PT. GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL MINANGKABAU Oleh Danil Mestina Putra 14050031 ABSTRAK Pelayanan di apron dilakukan oleh unit-unit ground handling yang saling bekerja sama untuk bisa memberikan pelayanan terhadap pesawat udara, kegiatan pelayanan dilaksanakan dengan tujuan untuk keselamatan penerbangan, on time performance dan kepuasaan pelanggan. Standar acuan waktu pelayanan yang ditetapkan oleh International Air Transport Association (IATA) untuk pesawat narrow body adalah selama 40 menit. Dengan menganalisis waktu pelayanan, akan dapat dilihat berapa lamanya proses pelayanan yang dilakukan oleh ground handling PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Minangkabau. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menghitung rata-rata waktu kegiatan unit ground handling terhadap standar yang telah ditetapkan IATA, dan mencari apakah ada perbedaan rata-rata waktu penanganan terhadap kedua pesawat berdasarkan 10 kegiatan yang dianalisi dengan menggunakan SPSS Anova satu arah. PT. Gapura Angkasa memiliki 10 jadwal penerbangan reguler yang harus dilayani setiap harinya. Analisis data dilakukan dari ramp activity checklist mulai tanggal 11 Maret sampai 11 April 2019, kegiatan yang dianalisis adalah block on-block off, technical transit check, unloading, loading, cleaning services, stairs/aviobridge, refueling, pax boarding, flight document dan last door closed. Dari hasil analisis maka diperoleh waktu ground time Boeing 737-800 selama 49,30 menit dan Airbus A320 selama 47,27 menit dari standar waktu IATA untuk pesawat narrow body selama 40 menit, ini menandakan bahwa pelayanan yang diberikan belum optimal. Dari 10 kegiatan yang dianalisis terdapat 6( enam) kegiatan pelayan pada pesawat Boeing 737-800 yang melebihi waktu pelayanan IATA, dan pada pesawat Airbus A320 terdapat 6 (enam) kegiatan yang tidak memenuhi standar IATA. Dari kedua jenis pesawat juga terdapat 7 (tujuh) perbedaan rata-rata waktu pelayanan, yaitu block on – block off, unloading, loading, loading, stairs/aviobridge, refueling, flight document, last door closed. Terdapat 62 penerbangan yang tidak dapat memenuhi On Time Performance. Kata Kunci : Pelayanan, Ramp Activity, Ground Time, On Time Performance


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DANIL MESTINA PUTRA
NIM : 14050031
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024