ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN APU PADA PESAWAT BOEING 737-800 NG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS |
Penulis IGNATIUS CHRISTIAN LIBERATUS
Pembimbing : Djarot Wahyu Santoso, S.T., M.T. - Dwi Hartini, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN APU PADA PESAWAT BOEING 737-800 NG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
IGNATIUS CHRISTIAN LIBERATUS
15050040
Departemen Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Jl. Janti Blok – R Lanud Adisutjipto Yogyakarta
Email: ignatiuschristian1997@yahoo.com
ABSTRAK
Dalam aplikasinya, APU dipakai pada saat mesin utama dalam kondisi mati. Normalnya APU dinyalakan pada saat pesawat disiapkan untuk terbang oleh teknisi ataupun oleh penerbangnya. APU akan dimatikan pada waktu mesin utama pesawat sudah menyala. APU akan dinyalakan kembali setelah pesawat mendarat dan sebelum mesin dimatikan agar kelistrikan dan AC pack di pesawat tetap bisa digunakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui hasil analisis dari penyebab kegagalan yang terjadi pada APU pada pesawat Boeing 737-800 NG dengan menggunakan metode fault tree analysis.
Fault Tree Analysis (FTA) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi resiko yang berperan terhadap terjadinya kegagalan. Metode ini dilakukan dengan pendekatan yang bersifat top down, yang diawali dengan asumsi kegagalan atau kerugian dari kejadian puncak (top event) kemudian merinci sebab-sebab suatu top event sampai pada suatu kegagalan. Setelah dilakukan pembuatan diagram fault tree, kemudian dilakukan evaluasi dengan minimum cut set.
Penyebab kegagalan APU sistem pada pesawat Boeing 737-800 NG dari analisis pemeliharaan pesawat sejak 2 Januari 2018 sampai dengan 13 September 2019 terdapat 100 kali kejadian. Dari data HIL komponen yang paling mendominasi penyebab kegagalan APU pada pesawat Boeing 737-800 NG yaitu starter generator. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode FTA dengan asumsi unscheduled APU sistem maintenance sebagai top event diperoleh, 14 intermediate event dengan menggunakan gerbang logika “OR” dan gerbang logikan “AND” serta 47 basic event yang menyebabkan terjadinya kegagalan pada APU sistem pesawat Boeing 737-800 NG.
Kata kunci: Auxilliary power unit system, fault tree analysis, kegagalan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: IGNATIUS CHRISTIAN LIBERATUS |
|
NIM |
: 15050040 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|