ABSTRAK :
ANALISIS KEANDALAN BLEED VALVE TURBOPROP ENGINE ROLLS ROYCE MODEL 250-B17F PESAWAT GROB G120TP-A
Oleh :
AFRIANI MANGAWI
NIM : 15050075
ABSTRAK
Pesawat Grob G120TP-A adalah pesawat latih double seater dan fully composite structure, dibuat oleh Grob Aircraft. Pesawat Grob dirancang khusus sebagai pesawat latih mula untuk calon-calon penerbangan militer dan sipil. Didalam penggunaannya, komponen bleed valve pesawat tersebut merupakan komponen yang memiliki intensitas kerusakan yang tinggi. Permasalahan yang terjadi pada komponen bleed valve, menyebabkan rendahnya atau berkurangnya performance pada engine.
Metode yang digunakan berupa metode distribusi Weibull dan Reliability Centered Maintenance (RCM). Distribusi Weibull merupakan distribusi yang memiliki peranan penting terutama dalam persoalan keandalan (reliability). RCM merupakan landasan dasar untuk perawatan fisik dan suatu teknik yang diapakai untuk mengembangkan perawatan pencegahan (preventive maintenance) yang terjadwal, berguna untuk menentukan tingkat kegagalan pada komponen yang bisa dijadikan referensi untuk setiap melakukan perawatan. Penelitian yang dilakukan pada komponen bleed valve dengan data yang diperoleh mulai dari Januari 2015- Desember 2018.
Hasil analisis menunjukan bahwa komponen bleed valve yang mengalami kerusakan dengan interval waktu tertentu menjadikan tingkat kegagalan pada kompone berkategori tinggi, dengan laju kegagalan yang semakin meningkat akibat pemakaian yang semakin bertambah, serta keandalan komponen semakin berkurang dikarenakan fakor pemakaian yang terus bertambah, sehingga diperlukan perawatan preventive yang berguna memaksimalkan usia komponen dan mencegah kegagalan komponen saat pemakaian berlangsung.
Kata kunci: Bleed Valve, Weibull, Keandalan, Laju Keagalan, Reliability Centered Maintenance (RCM)
|