© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KESTABILAN PESAWAT TANPA AWAK V-SKY 14 DENGAN MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK XFLR5
Penulis
WILDAN FADILLAH
Pembimbing : Mohammad Ardi Cahyono, S.T., M.T. - Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T.

ABSTRAK :
V-SKY 14 merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang memiliki misi pengawasan dan pemantauan yang dikhususkan pada daerah dengan kerapatan gedung yang tinggi.Pesawat ini mampu lepas landas dan take off secara vertikal dan terbang layaknya pesawat fix wing. Maka dari itulahpenulis melakukan analisis kestabilan pada kondisi pesawat terbang jelajah, guna mengetahui perilaku terbang pesawat pada kondisi jelajah.Metode yang digunakan adalah metode numerik dan metode analitik dengan acuan dari buku Nelson dan Jurnal-jurnal yang memiliki tema yang mirip. Pemodelan pesawat ini dilakukan pada perangkat lunak XFLR 5, dengandata geometri pesawat V-SKY 14 sebagai acuannya. Setelah itu analisis aerodinamika dilakukan masih pada perangkat lunak yang sama diikuti oleh analisis respon dinamik. Simulasi ini dilakukan pada kondisi stick-fixed, dengan nilai COG 0.61c.Hasil dari analisis kestabilan statik pada pesawat ini menunjukan nilai Cmαadalah -0.04901, Clβ adalah-0.0002, dan Cηβ adalah 0.0025, semuanya menunjukan bahwa pesawat stabil secara statik pada matra longitudinal, lateral serta direksional.Pada analisis respon dinamis, nilai nilai akar karakteristik untuk mode phugoid, short period, dutch roll, roll. Berada pada bagian sebelah kiri sumbu imajiner. Menunjukan pesawat stabil dinamis pada matra longitudinal dan lateral-direksional walaupun hanya pada mode dutch roll dan roll. sedangkan nilai akar karakteristik untuk mode spiral berada pada sebelah kanan sumbu imajiner. Hal ini mengindikasikan pesawat tidak stabil pada mode spiral.Kata kunci:Ketsabilan, Statik, Dinamik, fix wing


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : WILDAN FADILLAH
NIM : 14050112
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024