© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

VISUALISASI 3D GEDUNG SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI ANDROID
Penulis
JODIO BLASIUS LOPES
Pembimbing : Anggraini Kusumaningrum, S. Kom., M.Cs - Astika Ayuningtyas, S.Kom., M.Cs.

ABSTRAK :
VISUALISASI 3D GEDUNG SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI ADISUTJIPTO BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI ANDROID Oleh Jodio Blasius Lopes 13030067 INTISARI Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta dalam mengenalkan informasi kampus yaitu masih menggunakan media cetak dan internet oleh karena itu, diperlukan sebuah aplikasi yang bisa mengenalkan dan memberikan informasi gedung-gedung yang ada di kampus dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Dengan adanya teknologi Augmented Reality mampu memberikan informasi secara nyata dan bisa berinteraksi langsung dengan gedung yang ada di kampus. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Unity dan Vuforia. Pembuatan model 3D menggunakan aplikasi Google SketchUp yang kemudian diexport ke aplikasi Unity. Pengujian dilakukan pendeteksian marker terhadap intensitas cahaya, jarak, ukuran marker, dan warna. Dari hasil pengujian marker untuk intensitas cahaya minimal 4 lx dan jarak efektif pendeteksian antara 20 cm sampai 40 cm dan ukuran marker minimal 350 x 350 Pixel, sedangkan pada warna tidak berpengaruh dikarenakan pendeteksian tepi yang menjadi teknik dasar pembacaan marker oleh Vuforia. Aplikasi ini telah berhasil dibuat secara Augmented Reality dalam bentuk visualisasi 3D STTA sebagai media pendukung pengenalan lingkungan Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta. Aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android dengan versi minimum 5.0. Kata kunci: Augmented Reality, marker, 3D, visualisasi, AR, android, STTA, adisutjipto


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : JODIO BLASIUS LOPES
NIM : 13030067
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022