ABSTRAK :
Kenaikan jumlah kendaraan bermotor khususnya roda dua mengakibat kan
polusi di udara terutama Hydro Carbon (H) dan Carbon Monoksida (CO) sebagai
hasil pembakaran pada kendaraan bermotor. Salah satu cara mengurangi kadar
emisi gas buang adalah menambahkan Catalytic Converter pada saluran gas
buang.
Penelitian ini dilakukan dengan memasang Catalytic Converter berbahan
arang pada knalpot motor Yamaha Vixion 150 cc tahun 2008 yang bertujuan
mengetahui pengaruh variasi jumlah lubang pada Catalytic Converter
menggunakan arang tempurung kelapa terhadap penyerapan gas buang. Catalytic
Converter terdiri dari 3 variasi jumlah lubang yaitu 2 lubang dengan diameter
lubang 4 mm dengan panjang 43 mm, 4 lubang dengan diameter lubang 4 mm
dengan panjang 21,5 mm dan 8 lubang dengan diameter lubang 4 mm dengan
panjang 10,75 mm.
Berdasarkan hasil penelitian , dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh
penggunaan karbon aktif pada saluran buang terhadap emisi gas buang pada
sepeda motor berupa penurunan konsentrasi emisi gas buang CO dan HC yang
dihasilkan sepeda motor. Berdasarkan hasil uji emisi dimungkinkan bahwa
semakin panjang Catalytic Converter karbon aktif yang digunakan, maka
dimungkinkan konsentrasi gas buang CO dan HC yang terukur oleh gas analyzer
semakin menurun. Penurunan kadar CO dan HC terbesar terjadi ketika
menggunakan Catalytic Converter dengan diameter lubang 4 mm dan jumlah
lubang 2 dengan panjang 43 mm pada 4000 rpm. Kadar CO menurun 75,3 % dan
konsentrasi HC menurun 65,6%
Kata kunci: Catalytic Converter, gas buang, arang tempurung kelapa, variasi
jumlah lubang
|