© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS INTERAKSI FLUIDA DAN STRUKTUR PADA SAYAP ASPEK RASIO TINGGI DENGAN PENDEKATAN FLUID STRUCTURE INTERACTION SATU ARAH
Penulis
NI WAYAN YASHINTA DEWANTHI
Pembimbing : Buyung Junaidin, S.T., M.T. - Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T.

ABSTRAK :
ANALISIS INTERAKSI FLUIDA DAN STRUKTUR PADA SAYAP ASPEK RASIO TINGGI DENGAN PENDEKATAN FLUID STRUCTURE INTERACTION SATU ARAH Oleh : Ni Wayan Yashinta Dewanthi 11050133 ABSTRAK Ketika aliran fluida bertemu dengan struktur padat, maka struktur mendapatkan tekanan yang dapat menyebabkan perubahan bentuk. Aliran fluida dapat merusak struktur fisik, tergantung pada tekanan dan kecepatan aliran dan sifat dari material struktur. Salah satu contoh adalah aliran fluida pada sayap pesawat terbang. Bentuk sayap dapat berubah tergantung dari material, jenis sayap dan aliran fluida yang terjadi. Jenis sayap dengan bentuk yang panjang dan tipis atau memiliki nilai aspek rasio yang tinggi, mudah mengalami perubahan bentuk ketika mendapat aliran fluida. Sehingga, pemilihan material untuk sayap dapat menjadi salah satu aspek yang menentukan bagaimana respon struktur saat terkena aliran fluida. UAV MALE STTA X-1 adalah salah satu sayap yang memiliki nilai aspek rasio cukup tinggi senilai 7,4 untuk jenis pesawat UAV. Simulasi ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat respon struktur sayap ketika tekena aliran fluida. Simulasi fluida dilakukan dengan cara melakukan pemodelan pada CATIA dan analisis interaksi fluida struktur menggunakan software ANSYS. Input kecepatan pada analisis fluida sebesar 9,02 m/s. Untuk hasil analisis strukturnya, terjadi deformasi sebesar 3,4414 mm dari posisi semula dan total equivalent stress maksimum senilai 11.069 MPa yang terjaid pada stringer di bagian root apda UAV. Kata kunci : UAV, ANSYS, Equivalent stress, deformasi.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : NI WAYAN YASHINTA DEWANTHI
NIM : 11050133
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024