© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

Inspection Low Pressure Turbine (LPT) Rear Frame Pada Engine CFM56-7B
Penulis
M.IMADUDDIN AL FARUQ
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Engine merupakan suatu alat yang memiliki kemampuan untuk merubah energi panas dengan proses pembakaran oleh bahan bakar menjadi energi gerak. Turbofan Engine merupakan jenis engine yang banyak digunakan pada pesawat terbang saat ini dikarenakan memiliki nilai efisiensi tinggi. Tipe engine turbofan CFM56-7B merupakan tipe engine yang banyak digunakan pada pesawat komersil saat ini. Terdapat komponen Low Pressure Turbin (LPT) pada engine CFM56-7B. Pada Low Pressure Turbine (LPT) terdapat komponen pendukung, yaitu LPT Rear Frame. Untuk terus dapat berfungsi dengan baik LPT Rear Frame harus dilakukan perawatan dalam waktu tertentu. Proses inspeksi pada LPT Rear Frame dengan melakukan proses disassembly pada komponen LPT Rear Frame. Kemudian setelah proses disassembly maka bagian-bagian dari komponen LPT Rear Frame akan dilakukan pengecekan secara visual. Jenis kerusakan yang terjadi pada LPT Rear Frame antara lain yaitu burn, dent, dan crack. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh Foreign Object Damage (FOD) dan Life Limited Part (LLP). Dalam proses inspeksi komponen yang mengalami kerusakan pada LPT Rear Frame adalah oil collector, jenis kerusakannya ialah crack. Maka dari itu komponen oil collector harus di comdemned. Hal ini berdasarkan dari referensi Engine Shop Manual (ESM) CFM56-7B subtask 72-51-01-220-081-0) Inspection Oil Collector Low Pressure Turbine Rear Frame. Kata kunci: Engine CFM56-7B, LPT Rear Frame, Oil Collector


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : M.IMADUDDIN AL FARUQ
NIM : 16060015
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024