Inspection Low Pressure Turbine (LPT) Rear Frame Pada Engine
CFM56-7B |
Penulis M.IMADUDDIN AL FARUQ
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Engine merupakan suatu alat yang memiliki kemampuan untuk merubah
energi panas dengan proses pembakaran oleh bahan bakar menjadi energi gerak.
Turbofan Engine merupakan jenis engine yang banyak digunakan pada pesawat
terbang saat ini dikarenakan memiliki nilai efisiensi tinggi. Tipe engine turbofan
CFM56-7B merupakan tipe engine yang banyak digunakan pada pesawat komersil
saat ini. Terdapat komponen Low Pressure Turbin (LPT) pada engine CFM56-7B.
Pada Low Pressure Turbine (LPT) terdapat komponen pendukung, yaitu LPT Rear
Frame. Untuk terus dapat berfungsi dengan baik LPT Rear Frame harus dilakukan
perawatan dalam waktu tertentu.
Proses inspeksi pada LPT Rear Frame dengan melakukan proses
disassembly pada komponen LPT Rear Frame. Kemudian setelah proses
disassembly maka bagian-bagian dari komponen LPT Rear Frame akan dilakukan
pengecekan secara visual. Jenis kerusakan yang terjadi pada LPT Rear Frame
antara lain yaitu burn, dent, dan crack. Kerusakan tersebut diakibatkan oleh
Foreign Object Damage (FOD) dan Life Limited Part (LLP).
Dalam proses inspeksi komponen yang mengalami kerusakan pada LPT
Rear Frame adalah oil collector, jenis kerusakannya ialah crack. Maka dari itu
komponen oil collector harus di comdemned. Hal ini berdasarkan dari referensi
Engine Shop Manual (ESM) CFM56-7B subtask 72-51-01-220-081-0) Inspection
Oil Collector Low Pressure Turbine Rear Frame.
Kata kunci: Engine CFM56-7B, LPT Rear Frame, Oil Collector
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: M.IMADUDDIN AL FARUQ |
|
NIM |
: 16060015 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|