© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

OVERHAUL HIGH PRESSURE TURBINE SHROUD PADA ENGINE CFM56-7B
Penulis
SAMSUL HADI
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Agung Prakoso, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK High Pressure Turbine Shroud terletak dalam combustion case dan memiliki sensor panas untuk mengontrol clearance antara tip blade dengan permukaan shroud agar tidak terjadi gesekan maupun jarak blade dan shroud yang terlalu jauh. HPT shroud memiliki permukaan yang halus agar ketika terjadi pergesekan pada ujung blade tidak terjadi erosi yang besar. HPT rotor ini mempunyai fungsi yang sangat penting pada turbofan yaitu mengubah udara energy yang terdapat pada gas pembakaran menjadi energi kinetik untuk memutar rotor LPT yang selanjutnya diteruskan menuju Fan booster untuk menghasilkan thrust pada pesawat terbang. Faktor penyebab yang dilakukan maintenance yaitu terjadinya Axial cracks,Circumferential cracks,Burning and erosion,Split-line aft corners, Rubs and wear, Distortion, Burn-through on the rub land pada shroud tersebut . sehingga dilakukan overhaul atau pembongkaran engine yang ditentukan dari manufakturnya sendiri untuk dilakukan repair atau replace part. Setelah dilakuakan maintenance maka akan dilakukan pengecekan dengan shroud yang baru yaitu dengan cara digrinding untuk mengukur jarak dengan blade sehingga tidak terjadi gesekan atau untuk menyesuaikan jarak antar blade. Grind the shroud hangers, dimension J31S, to 1.677-1.681 in.(42,60-42,70 mm). Kata kunci: HPT shroud, overhaul, turbine.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : SAMSUL HADI
NIM : 16060009
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024