TROUBLESHOOT KERUSAKAN BLADE HIGH PRESSURE COMPRESSOR ENGINE CFM56-7B |
Penulis AHMAD FAUNJI
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Paulus Setiawan, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
High Pressure Compressor (HPC) merupakan suatu komponen yang penting dari engine ,karena untuk menaikkan tekanan udara yang akan masuk ke combustion. Tetapi, komponen ini memiliki permasalahan, yaitu kerusakan pada blade-nya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kerusakan apa saja yang ada pada blade high pressure compressor beserta penyebab dan cara penyelesaiannya.
Cara untuk mengetahui kerusakan yang ada pada blade HPC dengan cara borescope inspection. Kemudian dilakukan proses pengukuran dari kerusakan yang ditemukan dan didapatkan nick sebesar 0.03 inch (0.76 mm) dan missing material sebesar 0.03 inch (0.94 mm). Berdasarkan engine shop manual (ESM) Task 72-31-03-300-001, blade yang mengalami kerusakan masih dapat dilakukan perbaikan dengan metode blending.
Hasil akhir setelah di blending yaitu nick sebesar 0.03 inch (1 mm) dan missing material sebesar 0.05 inch (1.3 mm) dan masih dalam batas limitasinya. Proses selanjutnya yaitu balancing untuk menyeimbangkan high pressure compressor rotor blade dan setelah proses balancing selesai maka dinyatakan sudah serviceable.
Kata Kunci : Blending, Borescope Inspection, High Pressure Compressor Engine CFM56-7B
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: AHMAD FAUNJI |
|
NIM |
: 16060023 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|