ABSTRAK :
ANALISIS KEKUATAN FITTING PADA BACKUP STRUKTUR LIFTER
FLIR PESAWAT BOEING 737-200 SURVEILLANCE TNI AU
MENGGUNAKAN SOFTWARE MSC PATRAN/NASTRAN
Riyan Yusuf Setiadi
12050061
ABSTRAK
Harus ada sebuah kegiatan pengawasan untuk mencegah tindakan illegal di
lautan. Pengawasan bisa berupa patroli dengan pesawat terbang. Pesawat
BOEING 737-200 Surveilence TNI AU adalah pesawat khusus yang dipesan TNI
AU ke BOEING untuk pengawasan. Kamera FLIR (Forward Looking Infrared)
dapat membantu patroli udara dengan mendeteksi temperatur suatu objek yang
tidak terlihat oleh radar. Sehingga perlu dilakukan modifikasi struktur dalam
instalasi Kamera FLIR pada Pesawat Boeing 737-200 Surveilence TNI AU. Total
massa kamera dan Lifter FLIR adalah 250 kg, sehingga perlu dilakukan Analisis
strutur untuk safety.
Objek penelitian adalah fitting pada backup struktur Lifter FLIR. Data yang
digunakan adalah data spesifikasi pesawat, data geometri dari file .STP CATIA,
dan data allowable stress yang sesuai dengan material yang digunakan. Semua
data didapatkan dari PT.DI. Posisi extension kamera FLIR terjadi setelah pesawat
dalam kondisi cruising, sehingga data pembebanan diperoleh dari perhitungan
gaya drag dan gaya berat pada ketinggian cruising (36000 ft) ditambah 3
ketinggian berbeda (41000 ft, 25000 ft, 8000 ft) untuk pembanding. Semua data
kemudian di-import dan diolah di program MSC Patran/Nastran.
Setelah hasil analisis keluar, diketahui nilai tegangan tertinggi pada setiap
ketinggian yaitu 125 N/mm2(41000 ft), 154 N/mm2(36000 ft), 207 N/mm2(25000 ft),
326 N/mm2(8000 ft). Hasil pererhitungan Margin of Safety adalah 1,7 (41,000 ft),
1,2 (36000 ft), 0,6 (25000 ft), 0,04 (8000 ft).
Kata Kunci : Pengawasan udara, Lifter FLIR, MSC Patran/Nastran, Margin of
Safety.
|