TROUBLESHOOTING MECHANICAL FLAP CONTROL SYSTEM PADA
PESAWAT CN-235 MENGGUNAKAN METODE MAINTENANCE
STEERING GROUP |
Penulis EGGY ARYANDY
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Arif Pambekti, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Mechanical flap control system adalah beberapa komponen mechanical
yang mengatur pergerakan flap secara mechanical. Pada Saat dilakukan
Fungtional Test ditemukan permasalahan yaitu Flap tidak beroperasi dengan
Electric dan Hydarulic tersuplai yang dimungkin terdapat permasalahan pada
komponen Flap power unit yang mengalami permasalahan. Oleh sebab itu,
perbaikan terhadap flap power unit perlu dilakukan.
Dalam proses troubleshooting mechanical flap control system
menggunakan metode MSG-3. Proses MSG-3 mengunakan pemahaman top-down
atau konsekuensi dari pemahaman kegagalan. Dengan kata lain, bagaimana
kegagalan mempengaruhi operasi, apakah masalah dari suatu sistem, subsistem,
atau komponen gagal atau memburuk. Pada MSG-3 bagian penting adalah
bagaimana kegagalan mempengaruhi operasi pesawat. Kegagalan diberikan satu
dari dua kategori dasar: keselamatan dan ekonomi.
Pada saat fungtional test ditemukan dua penyebab pada komponen flap
power unit yaitu Spool Valve dan pada filter saluran hydraulic return. Pada
prosedur perbaikan dari permasalahan yang terjadi pada mechanical flap control
system pada pesawat CN-235 adalah dengan mengganti part yang mengalami
kerusakan pada spring dan filter.
Kata kunci : Flaps,Troubleshooting,MSG-3
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: EGGY ARYANDY |
|
NIM |
: 16060003 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|