ABSTRAK :
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk membantu pengamatan pada area gunung merapi, yang selama ini hanya mengandalkan kamera CCTV dan foto satelit. Dengan adanya penelitian ini maka pemantauan gunung merapi dapat menjadi lebih efektif. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kekuatan struktur fuselage UAV flying wing dengan material komposit woven fiberglass seri wf 100 bermatriks epoxy dan hardener untuk misi pemantauan gunung merapi.
Penelitian ini menggunakan software untuk pembanding antar simulasi dan pengujian tarik sebenarnya. Software yang digunakan adalah software solidworks seri 2013. Penelitian ini memuat kondisi udara gunung merapai sebagai parameter terhadap simulasi. Material yang dihasilkan berupa 4 jenis variasi komposit yang terdapat fuselage UAV ini antara lain fiberglass 2 layer ,3 layer, 2 layer sambungan dan 3 layer sambungan, yang masing masing memiliki tebal 0,5 mm untuk 2 layer dan 0,75mm untuk 3 layer sedangkan untuk penyambungnya menggunakan fiber tali yang disatukan dengan diameter 5 mm, komposisi komposit menggunakan 80% Matriks dan 20% serat dan perbandingan matriks 3 : 1 sesuai aturan resin. Proses pembuatan fuselage menggunakan metode hand lay-up dan vacuum bagging.
Pada hasil penelitian didapat bahwa tegangan variasi layer tertinggi adalah pada komposit 3 layer 199 N/mm2 dan terendah adalah sambungan 3 layer 37,49 N/mm2. Sementara untuk tegangan simulasi 3 layer adalah 3,49 N/mm2 dan tegangan 3 layer sambungan adalah 4,2 N/mm2. Hasil simulasi menunjukkan tegangan rata rata pada tiap variasi material menunjukan angka jauh di bawah dari pengujian tarik yang menandakan material tersebut aman untuk digunakan di gunung merapi
Kata kunci: fuselage, UAV, flying wing, komposit, solidworks, gunung Merapi.
|