© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

TROUBLESHOOTING BLEED AIR VALVE PADA AUXILIARY POWER UNIT PESAWAT BOEING 737-CLASSIC
Penulis
ULFI RAHMA YUSTIKA
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc.

ABSTRAK :
ABSTRAK Auxiliary power unit (APU) merupakan salah satu bagian penting dari pesawat terbang yang terletak pada bagian ekor pesawat. APU berfungsi sebagai penghasil listrik dan pemberi tenaga pneumatic (udara bertekanan) untuk starting engine dan air conditioning pada saat pesawat di ground. Yang mana sumber air pressure yang digunakan untuk penumatik berasal dari bleed air system. Normalnya indikator air pressure akan memberikan penunjukkan sebesar 30- 40 psi ketika kecepatan putaran APU mencapai 95%. Apabila terjadi kegagalan pada bleed air system maka indikator tidak dapat memberikan penunjukkan. Hal ini berakibat pada pesawat yang tidak mendapat suplai pneumatic dari APU. Kegagalan pada penunjukkan indikator dapat disebabkan oleh bleed air valve yang mana tidak dapat meneruskan pressure ke pesawat karena adanya tanda-tanda korosi dipemukaan valve sehingga tidak dapat membuka. Setelah mengetahui permasalahan lakukan troubleshooting, menurut prosedur dari Aircraft Maintenance Manual ATA Chapter 49 harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru. Kata Kunci: Auxiliary Power Unit, Bleed Air System, Bleed Air Valve.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ULFI RAHMA YUSTIKA
NIM : 16360041
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024