TROUBLESHOOTING BLEED AIR VALVE PADA
AUXILIARY POWER UNIT PESAWAT BOEING 737-CLASSIC |
Penulis ULFI RAHMA YUSTIKA
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Riski Kurniawan, S.Si., M.Sc.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Auxiliary power unit (APU) merupakan salah satu bagian penting dari
pesawat terbang yang terletak pada bagian ekor pesawat. APU berfungsi sebagai
penghasil listrik dan pemberi tenaga pneumatic (udara bertekanan) untuk starting
engine dan air conditioning pada saat pesawat di ground. Yang mana sumber air
pressure yang digunakan untuk penumatik berasal dari bleed air system.
Normalnya indikator air pressure akan memberikan penunjukkan sebesar 30-
40 psi ketika kecepatan putaran APU mencapai 95%. Apabila terjadi kegagalan pada
bleed air system maka indikator tidak dapat memberikan penunjukkan. Hal ini
berakibat pada pesawat yang tidak mendapat suplai pneumatic dari APU.
Kegagalan pada penunjukkan indikator dapat disebabkan oleh bleed air valve
yang mana tidak dapat meneruskan pressure ke pesawat karena adanya tanda-tanda
korosi dipemukaan valve sehingga tidak dapat membuka. Setelah mengetahui
permasalahan lakukan troubleshooting, menurut prosedur dari Aircraft Maintenance
Manual ATA Chapter 49 harus dilakukan penggantian dengan komponen yang baru.
Kata Kunci: Auxiliary Power Unit, Bleed Air System, Bleed Air Valve.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ULFI RAHMA YUSTIKA |
|
NIM |
: 16360041 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|