ABSTRAK :
Analisis Beban Pendinginan Air Conditioning pada Gerbong Kereta Api
Eksekutif Siang dengan 50 Penumpang (K.A.Argo Lawu)” telah dilaksanakan di
Yogyakarta, Latitude -7.797068 dan Longitude 110.370529. Tujuan penelitian ini
adalah melakukan perhitungan yang teliti beban pendinginan pada gerbong
penumpang Kereta Argo Lawu dengan 50 penumpang. Hasil perhitungan dapat
digunakan untuk menentukan kapasitas pendinginan yang dibutuhkan dan sistem
pengondisian udara yang digunakan.
Penelitian ini dilakukan dengan metode CLTD (cooling load temperature
difference). Parameter yang diamati meliputi dinding gerbong, atap gerbong,
lantai, kaca gerbong, lampu, peralatan elektronik dan penumpang. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa beban pendinginan pada gerbong Kereta Argo
Lawu didominasi oleh beban kalor sensibel dengan jumlah 35827,84 BTU/hr.
Sedangkan kalor laten adalah 19157,67 BTU/hr, sehingga beban pendinginan
total adalah 54985,51 BTU/hr. Beban pendinginan ini jika dibandingkan dengan
penelitian pada tahun 2017 memiliki kesesuaian yang baik dengan perbedaan
2,5%.
Kata kunci: KA argo lawu, CLTD, kalor sensibel, kalor laten
|