ABSTRAK :
ANALISIS KEKUATAN STRUKTUR LOWER BULKHEAD FS 446.1 PADA PESAWAT F-16 A FIGHTING FALCON DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R20
Noemia Carolina Jose Pereira da Conceicao
11050003
ABSTRAK
F-16A/TS-1603 merupakan pesawat tempur yang mampu bermanuver dengan lincah di udara. Dalam maneuver tersebut semua beban ditanggung oleh struktur pesawat tersebut. Beban tersebut terus berulang ditanggung oleh pesawat F-16A/TS-1603 selama di operasikan, sehingga perlu dilakukan inspeksi terhadap struktur pesawat tersebut.
Inspeksi struktur pesawat F-16A/TS-1603 dilakukan setiap interval 400 jam terbang. Pada saat inspeksi pesawat tersebut mempunyai jam terbang sebesar 5.989,6 jam dan ditemukan keretakan pada lower bulkhead Fs 446.1 dengan panjang crack sebesar 106,7 mm atau 4,17 inch. Sehingga dilakukan pergantian pada struktur lower bulkhead Fs 446.1 karena tidak bisa di repair.
Pemodelan dan analisis dilakukan dengan menggunakan software CATIA V5R20. Analisis menggunakan software CATIA V5R20 diperlukan untuk memperoleh nilai tegangan pada crack lower bulkhead Fs 446.1 dan replacement lower bulkhead Fs 446.1. Dari hasil tegangan tersebut maka dapat diperoleh nilai margine of safety dari crack lower bulkhead Fs 446.1 dan replacement lower bulkhead Fs 446.1. Dalam proses analisis pesawat disimulasikan dalam kondisi pull up dan banking.
Dari analisis dengan menggunakan software CATIA V5R20 didapatkan hasil bahwa struktur bulkhead sesuai TO dan TCTO aman. Nilai margine of safety tertinggi pada saat pull up sebesar 145,98 crack lower bulkhead dan 169,12 replacement lower bulkhead, dan adapun nilai margine of safety tertinggi pada saat banking sebesar 282,54 crack lower bulkhead dan 326,7 replacement lower bulkhead.
Kata kunci : TCTO, Lower, Bulkhead, CATIA V5R20, Keretakan
|