© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMA TAKE OFF BOEING 737-800NG DAN BOEING 737-900ER DENGAN DATA STRUKTUR PESAWAT SAAT BEROPERASI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG
Penulis
ISMAWATI HASNA
Pembimbing : Indro Lukito, S.T., M.Eng. - Bangga Dirgantara Adiputra, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ANALISIS PERBANDINGAN PENURUNAN PERFORMA TAKEOFF BOEING 737-800NG DAN BOEING 737-900ER SAAT BEROPERASI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL JENDERAL AHMAD YANI SEMARANG Ismawati Hasna 15050100 ABSTRAK Pesawat Boeing 737-800NG dan Boeing 737-900ER banyak dioperasikan oleh maskapai-maskapai di Indonesia salah satunya Lion Air dan Garuda Indonesia. Saat dioperasikan di Bandar Udara yang memiliki spesifikasi panjang landasan, ketinggian landasan, rintangan landasan, dan kemiringan landasan pesawat akan mengalami perubahan performa takeoff dalam berat maksimum pesawat antara lain Maksimum Takeoff Weight, kapasitas muat, dan under load. Untuk penentuan Maksimum Takeoff Weight menggunakan metode penarikan garis pada grafik Flight Planning and Performance Manual (FPPM B737-800NG dan B737-900ER) dengan menggunakan data-data hasil penelitian berupa data primer dan data sekunder, seperti spesifikasi runway, kecepatan dan arah angin, dan data pergerakan penumpang yang menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800NG dan Boeing 737-900ER maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air. Dari hasil penelitian di dapatkan bahwa beberapa pesawat yang beroperasi memiliki penurunan dalam Takeoff Weight by Structure dan by Performance. Penyebab terjadinya penurunan pada penelitian ini karena terjadi perbedaan kondisi suhu udara, runway yang basah (wet runway), dan kondisi angin dalam keadaan tail wind. Kata kunci: Runway Length, Runway Strength, Runway Slope, Obstacle Runway, Takeoff Weight by Structure, Takeoff Weight by Performance.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ISMAWATI HASNA
NIM : 15050100
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024