TROUBLESHOOT ELECTRICAL SYSTEM PADA
PARALLEL OPERATION OUTPUT
PESAWAT BOEING 737-300 |
Penulis MUHAMMAD AMINUDDIN GHALIB SAPUTRA
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Cyrilus Sukoco Budiono, S.T., M.T.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Salah satu bagian yang menjadi sumber power listrik terbesar bagi pesawat adalah generator. Prinsip kerja pada generator yakni mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan prinsip konsep induksi magnet. Generator terpasang pada masing-masing engine, untuk penggunaan listrik secara paralel antara generator satu dan generator dua, listrik harus memiliki tegangan dan frekuensi yang stabil. Salah satu bagian yang dapat mempengaruhi output listrik adalah Constant Speed Drive (CSD). CSD berfungsi untuk mempertahankan nilai putaran output dari engine menuju input pada generator agar dapat konstant pada kecepatan 6000 rpm.
Apabila terdapat kegagalan dalam mekanisme CSD maka output putaran yang dihasilkan tidak dapat stabil. Hal ini berakibat pada generator yang tidak dapat menghasilkan tegangan dan frekuensi yang stabil. Kegagalan mekanisme over/underdrive pada CSD dapat disebabkan oleh kurangnya tekanan oil dalam CSD. Dengan demikian CSD tidak dapat mempertahankan nilai putaran pada 6000 rpm untuk generator. Permasalahan ini dapat diselesaikan dengan melakukan pemeriksaan pada oil sight level, magnetic plug dan langkah terakhir mengambil tindakan berupa refill/pengisian ulang oil pada constant speed drive.
Pengisian oil pada CSD dengan jumlah yang sesuai prosedur akan membantu proses hydromechanical CSD itu sendiri, sehingga CSD akan menjaga output putaran dari engine diangka 6000 RPM yang berguna untuk supplay pada generator. Dengan demikian hasil output pada generator akan berjalan stabil dengan tegangan 115VAC dan frekuensi 400 Hz.
Kata kunci : Generator, Constant Speed Drive, dan power output
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MUHAMMAD AMINUDDIN GHALIB SAPUTRA |
|
NIM |
: 16360037 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|