ABSTRAK :
ANALISIS PENGARUH BYPASS RATIO DAN FAN PRESSURE
RATIO TERHADAP SPECIFIC FUEL CONSUMPTION
ENGINE V2500-A1 DALAM PROSES RUN-UP ENGINE PADA
WAKTU PESAWAT AKAN TAKE-OFF
Disusun oleh:
RIZKY PRASETYO WINANTO
14050033
ABSTRAK
Banyak industri-industri pembuat engine pesawat udara dari berbagai negara
berlomba-lomba untuk merancang bangun atau memproduksi gas turbine engine dengan
tipe turbofan, diantaranya adalah IAE (Internasional Aero Engines) dengan
kolaborasi dari beberapa owners yaitu Pratt & Whitney, Pratt & Whitney Aero
Engines Internasional, MTU Aero Engine, Japanese Aero Engine Corporation
yang menggunakan V2500-A1 untuk pesawat Airbus A320-231. Terkait dengan
upaya penggunaan engine yang lebih efisien, konsumsi fuel memiliki peran yang sangat
penting, dimana keefisienan pada penggunaan fuel termasuk salah satu tolak ukur dalam
menentukan keandalan dari performa suatu engine. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh Bypass Ratio (BPR) dan Fan Pressure Ratio (FPR)
terhadap Specific Fuel Consumption (SFC) pada engine V2500-A1 dalam kondisi run-up.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode parametric
cycle analysis of real engine dengan menggunakan bantuan software Excel dan
Mathcad. Kemudian menganalisa SFC yang telah dipengaruhi oleh variasi nilai
dari bypass ratio dan fan pressure ratio untuk mengetahui bagaimana performa
yang dihasilkan dari engine V2500-A1 tersebut.
Nilai SFC diketahui mengalami penurunan seiring meningkatnya variasi
nilai dari kedua parameter yaitu BPR maupun FPR, sehingga apabila nilai dari
kedua parameter semakin besar, maka konsumsi fuel pada saat pesawat beroperasi
akan menjadi lebih sedikit dalam mencapai suhu pada Turbine Inlet Temperature
. Nilai deviasi juga telah didapatkan dengan hasil pada perhitungan Excel
adalah sebesar 40,3% dan perhitungan Mathcad adalah sebesar 41,5%, dimana hal
ini terjadi dikarenakan adanya pembatasan pada masalah dalam penulisan skripsi,
baik berupa batasan pada nilai gamma disaat kompresi dan ekspansi, maupun
terbatasnya kemampuan pada software Excel dan Mathcad dalam operasi
perhitungan termodinamika engine.
Kata kunci: Bypass Ratio, Fan Pressure Ratio, SFC, V2500-A1
|