ABSTRAK :
ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR PRESSURE RATIO TERHADAP
SPECIFIC FUEL CONSUMPTION ENGINE TURBOFAN V2500-A1
PESAWAT AIRBUS A320-200 PADA KONDISI CRUISING
R. A. RAHMADANIAH
15050076
ABSTRAK
Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu
kompresor, ruang bakar dan turbin. Kompresor adalah alat mekanik yang
berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida, yaitu udara. Pada engine pesawat
terbang, kompresor digunakan untuk meningkatkan tekanan udara yang akan
dibakar didalam combustion chamber. Tujuan peningkatan tekanan adalah untuk
meningkatkan efisiensi pembakaran, sebab pada saat pesawat udara beroperasi
yaitu terbang di ketinggian terbang cruising maka temperatur udaranya sangat
rendah sehingga sangat sulit untuk dilakukan pembakaran. Oleh karena itu
peningkatan atau penurunan compressor pressure ratio akan berpengaruh
kepada performa engine pesawat udara yakni specific fuel consumption.
Salah satu cara untuk mengetahui pengaruh compressor pressure ratio
terhadap specific thrust dan specific fuel consumption dapat dilakukan dengan
metode parametric cycle analysis of real engine pada kondisi cruising, kemudian
menganalisa hasil perhitungan yang didapat dengan inputan variasi compressor
pressure ratio yang berbeda.
Hasil perhitungan performa engine V2500-A1 pada kondisi cruising
28000 feet didapatkan hasil specific thrust sebesar 18,664 lbf/(lbm/s), specific fuel
consumption ebesar 0,71 (lbm/h)/lbf, efiiensi thermal sebesar 38,8%, efisiensi
propulsive sebesar 64,7%, dan efisiensi overall sebesar 25,1%. Dari hasil
pengaruh compressor presure ratio terhadap performa engine adalah semakin
besar compressor pressure ratio (πc) maka specific thrust akan semakin besar,
dan semakin besar compressor pressure ratio (πc) maka specific fuel consumption
akan semakin rendah.
Kata kunci : compressore pressure ratio, specific thrust, specific fuel consumption
|