© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR PRESSURE RATIO TERHADAP SPECIFIC FUEL CONSUMPTION ENGINE TURBOFAN V2500-A1 PESAWAT AIRBUS 320-200 PADA KONDISI CRUISING
Penulis
R.A. RAHMADANIAH
Pembimbing : Sri Mulyani. S.T., M.Eng - Soebardjo, S. E., M. M.

ABSTRAK :
ANALISIS PENGARUH COMPRESSOR PRESSURE RATIO TERHADAP SPECIFIC FUEL CONSUMPTION ENGINE TURBOFAN V2500-A1 PESAWAT AIRBUS A320-200 PADA KONDISI CRUISING R. A. RAHMADANIAH 15050076 ABSTRAK Sistem turbin gas yang paling sederhana terdiri dari tiga komponen yaitu kompresor, ruang bakar dan turbin. Kompresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida, yaitu udara. Pada engine pesawat terbang, kompresor digunakan untuk meningkatkan tekanan udara yang akan dibakar didalam combustion chamber. Tujuan peningkatan tekanan adalah untuk meningkatkan efisiensi pembakaran, sebab pada saat pesawat udara beroperasi yaitu terbang di ketinggian terbang cruising maka temperatur udaranya sangat rendah sehingga sangat sulit untuk dilakukan pembakaran. Oleh karena itu peningkatan atau penurunan compressor pressure ratio akan berpengaruh kepada performa engine pesawat udara yakni specific fuel consumption. Salah satu cara untuk mengetahui pengaruh compressor pressure ratio terhadap specific thrust dan specific fuel consumption dapat dilakukan dengan metode parametric cycle analysis of real engine pada kondisi cruising, kemudian menganalisa hasil perhitungan yang didapat dengan inputan variasi compressor pressure ratio yang berbeda. Hasil perhitungan performa engine V2500-A1 pada kondisi cruising 28000 feet didapatkan hasil specific thrust sebesar 18,664 lbf/(lbm/s), specific fuel consumption ebesar 0,71 (lbm/h)/lbf, efiiensi thermal sebesar 38,8%, efisiensi propulsive sebesar 64,7%, dan efisiensi overall sebesar 25,1%. Dari hasil pengaruh compressor presure ratio terhadap performa engine adalah semakin besar compressor pressure ratio (πc) maka specific thrust akan semakin besar, dan semakin besar compressor pressure ratio (πc) maka specific fuel consumption akan semakin rendah. Kata kunci : compressore pressure ratio, specific thrust, specific fuel consumption


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : R.A. RAHMADANIAH
NIM : 15050076
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024