© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH KECEPATAN PUTARAN SPINDLE TERHADAP KEKUATAN TARIK, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO SAMBUNGAN LAS FRICTION STIR WELDING PADA ALUMINIUM SERI 2024-T3
Penulis
EKO YULIANTO
Pembimbing : Fajar Nugroho, S.T., M.Eng. - Nurfi Ahmadi, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Friction stir welding (FSW) adalah suatu teknologi pengelasan yang merupakan proses solid-state joining yang bisa digunakan untuk menyambungkan material aluminium dengan mampu las yang rendah. Proses FSW memanfaatkan putaran dari tool yang menggesek dua buah lempengan logam yang akan disambung. Aluminium 2024 T3 dengan ketebalan 4 mm disambung menggunakan proses FSW dengan variasi kecepatan putaran spindle 910 rpm, 1500 rpm dan 2280 rpm, feedrate 18 mm/menit dan kedalaman pin 3,5 mm. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian tarik, kekerasan dan uji struktur mikro pada masing-masing variasi pengelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tarik dan regangan tarik tertinggi terjadi pada pengelasan dengan kecepatan putaran spindle 1500 rpm sebesar 236,50 MPa dan 3,48. Kemudian kekuatan tarik dan regangan tarik terendah terjadi pada pengelasan dengan kecepatan putaran spindle 2280 rpm sebesar 125,93 MPa dan 2,10. Nilai kekerasan tertinggi di area nugget zone dihasilkan pada pengelasan dengan kecepatan putaran spindle 2280 rpm yaitu sebesar 136 VHN dan nilai kekerasan terendah dihasilkan pada pengelasan dengan kecepatan putaran spindle 1500 rpm yaitu sebesar 126,6 VHN. Hasil foto struktur mikro pada area nugget zone dan TMAZ (Thermomecanically Affected Zone) mengalami perubahan seiring dengan berubahnya kecepatan putaran spindle. Kata kunci: Aluminium 2024-T3, friction stir welding, kecepatan putaran spindle, kekuatan tarik, kekerasan, foto struktur mikro.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : EKO YULIANTO
NIM : 15040054
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024