ABSTRAK :
Pengaruh Variasi Putaran Tool Terhadap Laju Korosi Sambungan
Friction Stir Welding Pada Material Al 2024-T3
MAULIFFAH RAFIDATUL FATIKHA
15050121
ABSTRAK
Friction stir welding merupakan kemajuan di bidang pengelasan gesek, metode ini berpeluang menjadi proses pengelasan yang akan digunakan pada masa mendatang. Salah satu kegunaanya adalah sebagai pengganti metode rivet pada material berbentuk plat. Pada dunia penerbangan metode ini dapat digunakan untuk menyambung material skin fuselage pesawat terbang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari variasi kecepatan spindle tool terhadap kualitas sambungan yang dihasilkan, dimana dari hasil sambungan tersebut akan berpengaruh terhadap laju korosi yang didapatkan.
Metode penyambungan material dilakukan dengan proses friction stir welding menggunakan variasi putaran tool 910, 1500, dan 2280 rpm dengan spesimen berbentuk plat. Inspeksi awal dari sambungan friction stir welding dilakukan dye penetrant test, setelah itu akan dilakukan pengujian korosi selama 240 jam dengan menggunakan metode immersion test dengan media korosif air laut dengan kandungan 3,5% NaCL dan perhitungan laju korosi dengan manggunakan metode weight loss. Kemudian dilakukan pengambilan foto struktur mikro untuk mengetahui jenis korosi yang terbentuk.
Dalam penelitian ini didapatkan bahwa besaran rpm berpengaruh pada cacat yang dihasilkan pada sambungan tersebut, dimana semakin tinggi besaran rpm menunjukkan hasil lasan yang semakin baik dan berkurang cacat yang dihasilkan pada sambungan. Nilai laju korosi yang dihasilkan pada spesimen dengan rpm yang tinggi yaitu variasi 2280 rpm memiliki ketahan korosi yang lebih naik dengan mendapakan rata-rata nilai laju korosi terendah yaitu 0,160 mdd.
Kata Kunci : Aluminium 2024-T3, Friction stir welding, Laju korosi.
|