PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS PADA CLUSTERING
UNTUK PENYEBARAN BROSUR
(Studi Kasus PMB Di STTA Yogyakarta) |
Penulis MOCH AVIFUDIN
Pembimbing : Anggraini Kusumaningrum, S.Kom., M.Cs, - Asih Pujiastuti, S.Kom., M.Cs,
|
ABSTRAK :
Brosur adalah publikasi resmi perusahaan berbentuk cetakan, yang berisi
informasi mengenai suatu produk, layanan, atau program yang ditujukan kepada
pasar sasaran (target market) atau khalayak sasaran (target audiens) tertentu.
Brosur-brosur PMB yang disebar oleh STTA ke berbagai SMA sangat banyak dan
acak ke seluruh Indonesia. Diperlukan suatu cara agar penyebaran brosur PMB
tersebut dapat efisien, efektif, dan tepat sasaran yaitu dengan menggunakan
metode k-means clustering. K-means merupakan algoritma clustering yang
berulang-ulang. Algoritma k-means menetapkan nilai-nilai cluster(K) secara
random, untuk sementara nilai tersebut menjadi pusat dari cluster atau biasa
disebut dengan centroid. Kemudian menghitung jarak setiap data yang ada
terhadap masing-masing centroid menggunakan rumus Euclidian hingga
ditemukan jarak yang paling dekat dari setiap data dengan centroid.
Klasifikasikan setiap data berdasarkan kedekatannya dengan centroid. Jika nilai
centroid tidak berubah, maka proses iterasi selesai. Hasil dari penelitian ini yaitu
sebuah aplikasi yang dapat memperlihatkan hubungan antara dua variabel yaitu
brosur disebar dan mahasiswa yang mendaftar dan juga didapatkan dua macam
cluster yaitu cluster satu dengan sebaran brosur sangat baik dan cluster dua
dengan sebaran brosur kurang baik.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: MOCH AVIFUDIN |
|
NIM |
: 12030024 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|