ABSTRAK :
Seiring perkembangan teknologi pada dunia penerbangan, pesawat terbang membutuhkan suatu sistem untuk mengurangi beban seorang pilot, oleh karena itu dibuatlah sistem kendali Autopilot. Sistem kendali Autopilot perkembangannya berdasarkan modus geraknya yaitu modus gerak longitudinal dan lateral-directional. Pada penelitian ini, penulis merancang autopilot pada modus gerak lateral directional dengan 3 sistem kendali yang digunakan yaitu sistem kendali yaw damper, roll attitude hold, dan heading hold.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pole placement yang digunakan untuk menggeser lokasi pole plant ke lokasi pole yang telah ditentukan sebelumnya. Sehingga, dengan metode tersebut dapat menghasilkan kestabilan pesawat yang lebih baik. Kemudian, terdapat pula perencanaan terbang yang digunakan yaitu perencanaan terbang waypoint following.
Hasil rancangan pada penelitian ini sistem kendali yaw damper menghasilkan settling time sebesar 6,86 detik, sistem kendali roll attitude hold menghasilkan settling time sebesar 61,9 detik, sistem kendali heading hold menghasilkan settling time sebesar 124 detik. Pada perencanaan terbang waypoint following terdapat selisih jarak sebesar 15,17 meter.
|