ANALISIS KEANDALAN BOOST PUMP PADA ENGINE CFM 56-3 PESAWAT BOEING 737-300 MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) |
Penulis Rikianto
Pembimbing : Teguh Wibowo,S.T.,M.T. - M. Jalu Purnomo,S.T.,M.Eng.
|
ABSTRAK :
Reliability adalah kemungkinan sebuah sistem atau produk dapat bekerja dalam tingkat kerja yang diinginkan (satisfactory performance) pada periode waktu (time) dan kondisi operasi tertentu (specified performance).
Metode yang digunakan pada analisa ini adalah metode Reliability Centered Maintenance yang dikombinasi dengan Distribusi Weibull. data yang digunakan untuk menghitung keandalan adalah data kerusakan dari komponen yang dianalisa.
Dari perhitungan dengan menggunakan metode tersebut maka dapat diketahui rata-rata Boost Pump pada Engine Cfm 56-3 Pesawat Boeing 737-300 mengalami kerusakan adalah pada 740,85 hours. Dari hasil perhitungan yang didapat nilai β adalah 3,9840. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk nlai β > 1 jenis kegagalan yang terjadi adalah jenis kegagalan aus (wear out), kegagalan ini ditandai dengan meningkatnya laju kegagalan ( increasing failure rate ) seiring dengan penggunaan pesawat yang semakin meningkat. Adapaun jenis perawatan preventif yang dianjurkan untuk jenis kerusakan ini adalah perawatan preventive kategori Time Directed (TD). Time directed adalah kategori perawatan prefentive yang dapat dilakukan apabila variabel waktu dari komponen atau sistem sudah diketahui.
Kata Kunci: perawatan, Reability Centered Maintenance, laju kegagalan dan tingkat kategori resiko kegagalan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: Rikianto |
|
NIM |
: 11040056 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|