ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN NILAI COMPRESSOR PRESSURE RATIO DAN MACH NUMBER TERHADAP THRUST SPECIFIC SERTA SPECIFIC FUEL CONSUMPTION PADA ENGINE VIPER MK.601 PADA PESAWAT IAR 99 |
Penulis YAN SEMUEL JETI
Pembimbing : Ir. Sudarmanto., M.T. - M. Jalu Purnomo,S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
Turbojet engine merupakan bagian dari turbin gas yang digunakan sebagai pendorong dalam pesawat terbang. Seiring dengan perkembangan zaman, engine turbojet masih dapat dioptimalkan dengan cara meningkatkan rasio tekanan pada kompresor ( dan rasio kecepatan suara terhadap kecepatan pesawat terbang atau biasa disebut mach number (M) sehingga perlu dilakukan analisis termodinamika pada engine turbojet untuk menentukan apakah engine tersebut dapat dioptimalkan atau tidak.
Proses analisis termodinamika yang dilakukan adalah menghitung performa engine VIPER MK. 601 pada pesawat IAR 99 dengan variasi peningkatan rasio tekanan pada kompresor ( ) dan mach number (M) pada saat cruising untuk memperoleh nilai thrust specific ( ), dan specific fuel consumption (SRC) yang dihitung menggunakan excel untuk memperoleh grafik sebagai hasil analisa termodinamika engine tersebut dan sebagai pembanding untuk menentukan nilai optimal performa dari engine tersebut.
Pada hasil analisa perhitungan performa diperoleh hasil bahwa dengan peningkatan rasio kompresi nilai Fs mengalami peningkatan sampai nilai = 10 kemudian menurun setelah titik tersebut sedangkan nilai SFC mengalami penurunan. Pada peningkatan mach number nilai Fs mengalami penurunan sedangkan nilai SFC mengalami peningkatan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: YAN SEMUEL JETI |
|
NIM |
: 11040027 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|