ABSTRAK :
ANALISA WAKTU PENANGANAN PENUMPANG INTERNASIONAL
PADA INSTANSI IMIGRASI DAN BEA CUKAIBANDAR UDARA
INTERNASIONAL AHMAD YANI SEMARANG
Sudirman
10050121
ABSTRAK
Standar waktu penanganan penumpang internasional mempunyai pengaruh
penting dalam kegiatan operasional, tidak tercapainya standar waktu pelayanan
yang baik dapat menyebabkan terjadinya kelambatan pergerakan penumpang yang
berakibat terjadinya penundaan keberangkatan (delay) dan mengganggu
kenyaman penumpang serta dapat menigkatkan cost dari operator penyelenggara
penerbangan, untuk menghindari hal tersebut perlu dilakukan perhitungan laju
pelayanan guna untuk menentukan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi
kelambatan pergerakan penumpang. peran dari menejemen dan instansi yang
terkait pada bagian penanganan waktu pelayanan harusalah mengacu pada
Standard Operating Procedure (SOP).
Metode observasi dan wawancara digunakan untuk menentukan data
primer, data primer merupakan data kuantitatif sampling yang diolah
menggunakan metode perhitungan antrian secara perhitungan matematis sehingga
menjadi data kualitatif untuk menentukan kualitas pelayanan waktu penanganan
penumpang.
Kelambatan terjadi karena kapasitas pelayanan Instansi terminal
kedatangan yang kurang memenuhi standar waktu pelayanan minimum yakni
waktu mengantri kurang dari 15 menit untuk imigrasi dan 20 menit untuk Bea
Cukai , waktu mengantri pada imigrasi hanya tercapi sejumlah 57 penumpang dari
kapasitas maximum 180 penumpang, dan untuk Bea Cukai hanya tercapai 54
penumpang dari kapasitas maximum 180, untuk memenuhi standar dibutuhkan
sebanyak 4 counter.
Key Word: waktu penanganan penumpang, antrian penumpang, level of service
time.
|