ANALISIS KEANDALAN BOOSTER PUMP PADA ENGINE PRATT AND WHITNEY
PT 6A-62 PESAWAT KT - 1 B MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY
CENTERED MAINTENANCE (RCM) |
Penulis EMIDIO FERNANDO DA CUNHA SOARES
Pembimbing : Teguh Wibowo, S.T., M.T. - Henny Pratiwi, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ANALISIS KEANDALAN BOOSTER PUMP PADA ENGINE PRATT AND WHITNEY
PT 6A-62 PESAWAT KT - 1 B MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY
CENTERED MAINTENANCE (RCM)
Ditulis oleh:
Emidio Fernando Da Cunha Soares
NIM: 10040037
Dosen Pembinmbing I : Teguh Wibowo, S.T., M.T.
Dosen Pembimbing II : Henny Pratiwi, S.T., M.Eng.
ABSTRAK
Reliability adalah kemungkinan sebuah sistem atau produk dapat bekerja dalam
tingkat kerja yang diinginkan (satifactory performance) pada periode waktu (time) dan
kondisi operasi tertentu (specified performance). Metode yang digunakan pada analisa ini
adalah metode Reliability Centered Maintenance (RCM) yang dikombinasi dengan distribusi
webull. Data yang digunakan untuk menghitung keandalan adalah data kerusakan dari
komponen yang dianalisa.
Dari perhitungan menggunakan metode tersebut, dapat diketahui rata-rata boost
pump pada engine pratt and whitney PT 6A-62 pesawat KT – 1B mengalami kegagalan pada
467,087361 hours dengan nilai β adalah 2,8089. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku
untuk nilai β > 1 jenis kegagalan yang terjadi adalah jenis kegagalan Aus (wear out).
Kegagalan ini ditandai dengan meningkatnya laju kegagalan (increasing failure rate) seiring
dengan penggunaan pesawat yang semakin meningkat. Jenis perawatan preventif yang
dianjurkan untuk jenis kerusakan ini adalah perawatan preventif kategori time directed (TD),
yaitu kategori perawatan preventif yang dapat dilakukan apabila variabel waktu dari
komponen atau sistem sudah di ketahui.
Kata kunci : perawatan, Reliability Centered Maintenance, laju kegagalan.
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: EMIDIO FERNANDO DA CUNHA SOARES |
|
NIM |
: 10040037 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|