© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH MODIFIKASI SUDUT PITCH PROPELLER PESAWAT AEROMODELLING TERHADAP THRUST YANG DIHASILKAN
Penulis
BRAHMANTIYO PRAKOSO
Pembimbing : Henny Pratiwi, S.T.,M.Eng. - R. Nur Akhmad Triwibowo, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Propeller pada pesawat digunakan untuk menghasilkan Thrust atau gaya dorong. Pesawat aeromodelling adalah pesawat model yang lebih berat dari udara dengan ukuran yang terbatas. Aeromodelling adalah salah satu cabang olahraga dirgantara di bawah naungan Federation Aero Sport Indonesia (FASI). Ukuran Propeller pada pesawat aeromodelling ada bermacam-macam, sebagai contoh 8x7. Angka 8 menunjukan diameter dari Propeller, sedangkan angka 7 menunjukkan jarak tempuh maju yang dihasilkan dalam satu kali putaran maksimum sesuai throttle yang dinamakan dengan Pitch. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode eksperimental dengan perbandingan antara Propeller modifikasi 8x5, 8x6, 8x7, 3 blade dengan Propeller pabrikan 8x6 dan 3 blade yang biasa digunakan pada pesawat aeromodelling. Propeller 8x5, 8x6, 8x7 merupakan Propeller modifikasi yang dibuat dengan memodifikasi sudut Pitch dari Propeller. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Thrust yang dihasilkan oleh Propeller modifikasi yang dibuat. Alat yang digunakan dalam melakukan pengujian adalah “Alat Uji Thrust”. Pengaruh modifikasi sudut Pitch Propeller 3 blade 8x5, 8x6 dan 8x7 mendapatkan hasil bahwa sudut Pitch Propeller 8x7 menghasilkan Thrust terbesar dengan nilai Thrust 1,77 N pada throttle 100%. Sedangkan perbedaan Thrust yang dihasilkan pada Propeller 8x6 modifikasi menghasilkan Thrust sebesar 1,27 N lebih kecil dari Propeller pabrikan 8x6 menghasilkan Thrust sebesar 2,56 N, pada throttle 100%. Kata kunci: Pitch, Thrust, Propeller 3 blade.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : BRAHMANTIYO PRAKOSO
NIM : 14040077
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024