ABSTRAK :
PERENCANAAN PENGGANTIAN DAN PERSEDIAAN HARD-TIME (HT) COMPONENT PESAWAT KT-1B WOONG BEE MENGGUNAKAN METODE MEAN TIME BETWEEN REMOVAL (MTBR)
Oleh:
HILMY AL BANNA
NIM: 140500032
ABSTRAK
KT-1B Woong Bee merupakan pesawat terbang latih lanjut dan aerobatik. Sebagai pesawat terbang memiliki peran ganda disertai utilisasi jam terbang tinggi, dan adanya aktivitas perawatan penggantian dan penyediaan komponen meningkat, maka dibutuhkan sistem informasi penjadwalan penggantian dan penyediaan komponen optimal. Dengan adanya perencanaan optimal, dapat membantu memenuhi kebutuhan komponen armada pesawat yang beroperasi sesuai misi.
Mean Time Between Removal (MTBR) merupakan metode perhitungan penjadwalan penggantian dan penyediaan komponen. Perhitungan ini berdasarkan nilai rata-rata historis umur pelepasan komponen yang dilaksanakan dan rata-rata utilisasi jam terbang pesawat. Diketahui digunakan perhitungan komponen Low Pressure Filter Web (LPFW), Fuel Filter Element (FFE), Fuel Pump Outlet Filter (FPOF), Oil Filter Element (OFE), P3 Air Filter, Cable Rudder-1, Cable Rudder-2, dan Cable Rudder-3. Komponen tersebut dipilih terdapat pada maintenance schedule SKATEK-043, selanjutnya membuat sistem informasi tambahan untuk SKATEK-043 untuk saran dari penulis.
Hasil perhitungan penjadwalan berdasarkan MTBR dengan maintenance schedule SKATEK-043 komponen LPFW, FFE, FPOF, OFE, P3 Air Filter, Cable Rudder-1, Cable Rudder-2, dan Cable Rudder-3, diperoleh rata-rata penjadwalan MTBR lebih mendekati dari riwayat penggantian komponen. Untuk perhitungan penyediaan komponen LPFW MTBR 21 unit, riwayat penggantian 18 unit, maintenance schedule 23 unit. FPOF MTBR 13 unit, riwayat penggantian 10 unit, maintenance schedule 14 unit. OFE MTBR 8 unit, riwayat penggantian 6 unit, maintenance schedule 9 unit. P3 Air Filter MTBR 8 unit, riwayat penggantian 3 unit, maintenance schedule 8 unit. Cable Rudder-1, Cable Rudder-2, dan Cable Rudder-3 MTBR 8 unit, riwayat penggantian 4 unit, dan maintenance schedule diperoleh 3 unit, diperoleh hasil penyediaan MTBR lebih optimal. Disarankan untuk penelitian lanjutan jika ketersediaan data, mengingat kurangnya optimal hasil penyediaan komponen FFE MTBR 22 unit, riwayat penggantian 30 unit, maintenance schedule 25 unit.
Kata kunci : Perencanaan, MTBR, Komponen.
|