ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN NOSE LANDING GEAR PADA PESAWAT GROB
G 120 TP-A DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS
(FTA)
Wiyakta Fajar Kuncoro
Program Studi Teknik Elektro
Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta
wiyakta.fajar69@gmail.com
ABSTRAK
Risiko kegagalan dalam dunia penerbangan akan mengakibatkan dampak
yang sangat fatal khusunya pada nose landing gear sebuah pesawat. Kegagalan nose
landing gear pada pesawat Grob G 120 TP-A akan mengakibatkan kejadian fatal
seperti pesawat tidak dapat melakukan takeoff dan landing. Oleh sebab itu untuk
mengetahui penyebab kegagalan pada pesawat Grob G 120 TP-A digunakan metode
fault tree analysis.
Penelitian ini menggunakan metode fault tree analysis karena metode tersebut
dapat menganalisa secara lebih rinci mengenai suatu failure dan akan dievaluasi
dengan menggunakan minimum cut set yang dapat mengidentifikasi semua penyebab
yang menyebabkan top event.
Hasil dari penelitian ini adalah kegagalan pada nose landing gear dapat terjadi
karena adanya nose wheel steering stiff, nose gear leg breakdown, nose gear does not
retract when selected, dan nose gear does not extend when selected.
Kata kunci : Fault Tree Analysis, Nose Landing Gear, Minimum Cut Set, Grob G
120 TP-A, Failure
|