© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KEGAGALAN NOSE LANDING GEAR PADA PESAWAT GROB G 120 TP-A DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA)
Penulis
WIYAKTA FAJAR KUNCORO
Pembimbing : Ir. Sutjianto S., M.T. - Paulus Setiawan, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ANALISIS KEGAGALAN NOSE LANDING GEAR PADA PESAWAT GROB G 120 TP-A DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAULT TREE ANALYSIS (FTA) Wiyakta Fajar Kuncoro Program Studi Teknik Elektro Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta wiyakta.fajar69@gmail.com ABSTRAK Risiko kegagalan dalam dunia penerbangan akan mengakibatkan dampak yang sangat fatal khusunya pada nose landing gear sebuah pesawat. Kegagalan nose landing gear pada pesawat Grob G 120 TP-A akan mengakibatkan kejadian fatal seperti pesawat tidak dapat melakukan takeoff dan landing. Oleh sebab itu untuk mengetahui penyebab kegagalan pada pesawat Grob G 120 TP-A digunakan metode fault tree analysis. Penelitian ini menggunakan metode fault tree analysis karena metode tersebut dapat menganalisa secara lebih rinci mengenai suatu failure dan akan dievaluasi dengan menggunakan minimum cut set yang dapat mengidentifikasi semua penyebab yang menyebabkan top event. Hasil dari penelitian ini adalah kegagalan pada nose landing gear dapat terjadi karena adanya nose wheel steering stiff, nose gear leg breakdown, nose gear does not retract when selected, dan nose gear does not extend when selected. Kata kunci : Fault Tree Analysis, Nose Landing Gear, Minimum Cut Set, Grob G 120 TP-A, Failure


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : WIYAKTA FAJAR KUNCORO
NIM : 13010029
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024