MAINTENANCE SAFT NICAD BATTERY PART NUMBER
024147-000 PADA PESAWAT BOEING 737-NG |
Penulis ICHSAN DAVID UTOMO
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Agung Prakoso, S.T., M.Eng.
|
ABSTRAK :
ABSTRAK
Kelistrikan pesawat dapat diperoleh dari beberapa sumber. Salah satunya
adalah battery sebagai sumber arus DC pada pesawat. Ada beberapa jenis battery
yang di gunakan di pesawat. Pemilihan jenis battery yang di gunakan pada pesawat
tergantung pada kinerja battery. Macam macam jenis battery ini ditentukan oleh jenis
material yang di gunakan pada konstruksi battery. Terdapat berbagai macam jenis
battery pada pesawat terbang salah satunya jenisnya adalah Ni-CAD atau Nickel
Cadmium. Selain untuk energi cadangan, battery juga dapat digunakan untuk sumber
listrik instrument pesawat dan starting pesawat.
Battery biasanya digunakan pada saat generator pada pesawat tidak bekerja
atau mati. Battery saat digunakan mengubah energi kimia menjadi energi listrik dan
pada saat charging atau pengisian merubah energi listrik menjadi energi kimia.
Sebelum melakukan maintenance battery harus kita check dulu tegangan battery
tersebut. Pada saat maintenance battery apabila terjadi kegagalan maka battery
tersebut harus di bongkar. Pengisian electrolyte di lakukan 20 menit sebelum waktu
pengecasan selesai.
Pada saat battery mengalami kerusakan maka di lakukan proses
pembongkaran. Dalam melakukan perawatan battery perlu di perlukan proses testing.
Proses testing di lakukan untuk mengetahui kerusakan yang di sebabkan oleh battery. Link
short dan burn out adalah trouble yang ditemukan pada saat melakukan perawatan. Pada
proses link short perlu dilakukan torque ulang. Dan pada proses burn out perlu dilakukan
proses pembongkaran battery untuk mengetahui cell yang terbakar.
Kata kunci : Battery, Nickel Cadmium, Maintenance
|
Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
|
|
Penulis |
: ICHSAN DAVID UTOMO |
|
NIM |
: 15060003 |
|
Foto |
: |
|
File |
: [ Baca file skripsi ]
|