© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PERANCANGAN PROCEDURE TURN UNTUK TAKE OFF DAN LANDING MENGGUNAKAN METODE PROCEDURE TURN PENERBANGAN VISUAL FLIGHT RULES PADA LAPANGAN TERBANG GADING
Penulis
AGUNG AUTRA MAULANA
Pembimbing : Drs. C. Suhardiwarno, M.Si. - Fajar Khanif Rahmawati, S.T., M.M.

ABSTRAK :
PERANCANGAN PROCEDURE TURN UNTUK TAKE OFF DAN LANDING MENGGUNAKAN METODE PROCEDURE TURN PENERBANGAN VISUAL FLIGHT RULES PADA LAPANGAN TERBANG GADING Oleh: AGUNG AUTRA MAULANA Abstrak Jasa transportasi udara membuat perjalanan menajadi sangat cepat dan efisien terutama untuk perjalanan yang sangat jauh Dengan pertimbangan yang menguntungkan untuk perkembangan ekonomi di daerah wonosari yang menitik beratkanan pada industri pariwisata maka pengembangan Bandara di Gunung Kidul itu, dinilai sangat penting sebagai second airport. Bandar Udara Gading Wonosari yang belum memenuhi standar ideal untuk keamanan penerbangan. Karena belum memiliki instrument navigasi minimum untuk mekalukan kegiatan landing dan take-off. Oleh karena itu maka perlunya pengadaan alat navigasi maupun prosedur penerbangan di Bandar udara tersebut. Maka dari itu peneliti mencoba mengkaji tentang (1) dimensi landas pacu bandar udara Gading Kidul sebagai syarat pengoperasian penerbangan sipil sesuai dengan regulasi penerbangan sipil. (2)membuat pemetakan ketinggian permukaan daratan area operasi bandar udara Gading sebagai referensi batas Minimum Safe Altitude (MSA) untuk penerbangan visual. (3)melakukan perancangan prosedur takeoff dan prosedur landing untuk penerbangan visual di bandar udara Gading Gunung Kidul. Mengacu pada Basic Operation Manual (BOM) Garuda Indonesia &Company Operational Manual (COM) Merpati Nusantara Airlines Point 1.11.3 General Performance tentang Take-off field length, maka penulis melakukan penelitian di Lapangan Terbang Gading.Observasi yang dilakukan peneliti adalah dengan mengukur tekanan udara pada daerah yang diobservasi. Selisih tekanan udara yang terukur terhadap tekanan udara di runway. Mengacu referensi “Meteorology for Pilot & Flight Dispatcher” (Lukito-2016) disebutkan bahwa tekanan udara berkurang secara relative linier sebesar 1 mbar untuk setiap kenaikan ketinggian 29,1667 feet hingga lapisan atmosphere thropopause. Penulis menggunakan rujukan IVAO untuk membuat procedure turn di Lapangan Terbang Gading tersebut. Setelah dilakuan analisis maka dapat disimpulkan bahwa (1) Dimensi runway untuk tinggal landas dan pendaratan secara visual di Lapangan Terbang Gading adalah panjang landasan 1400 meter,lebar landasan 45 m, tidak ada Stop way ,Clearway lahan seluas 500 feet,Takeoff Run Available 1.400 meter,Ascelerate Stop Distance Available 1.400 meter,dan Takeoff Distance Available 1552 meter.(2)Pemetakan dilakukan dengan 40 titik koordinat yg terbagi menjadi 2 are, yakni area A dan B(3)Hasil perancangan dapat didapatkan ada 3 buah Category Pocedure Turn yg bisa dilaksanakan di Lapangan Terbang Gading, yakni Category A, Category B dan, Category C. Kata Kunci: Visual Filght Rules.Procedure turn, Takeoff, Landing.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : AGUNG AUTRA MAULANA
NIM : 12050038
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024