ABSTRAK :
PERANCANGAN PROCEDURE TURN UNTUK TAKE OFF DAN LANDING
MENGGUNAKAN METODE PROCEDURE TURN PENERBANGAN VISUAL
FLIGHT RULES PADA LAPANGAN TERBANG GADING
Oleh:
AGUNG AUTRA MAULANA
Abstrak
Jasa transportasi udara membuat perjalanan menajadi sangat cepat dan
efisien terutama untuk perjalanan yang sangat jauh Dengan pertimbangan yang
menguntungkan untuk perkembangan ekonomi di daerah wonosari yang menitik
beratkanan pada industri pariwisata maka pengembangan Bandara di Gunung
Kidul itu, dinilai sangat penting sebagai second airport. Bandar Udara Gading
Wonosari yang belum memenuhi standar ideal untuk keamanan penerbangan.
Karena belum memiliki instrument navigasi minimum untuk mekalukan kegiatan
landing dan take-off. Oleh karena itu maka perlunya pengadaan alat navigasi
maupun prosedur penerbangan di Bandar udara tersebut. Maka dari itu peneliti
mencoba mengkaji tentang (1) dimensi landas pacu bandar udara Gading Kidul
sebagai syarat pengoperasian penerbangan sipil sesuai dengan regulasi
penerbangan sipil. (2)membuat pemetakan ketinggian permukaan daratan area
operasi bandar udara Gading sebagai referensi batas Minimum Safe Altitude
(MSA) untuk penerbangan visual. (3)melakukan perancangan prosedur takeoff
dan prosedur landing untuk penerbangan visual di bandar udara Gading Gunung
Kidul.
Mengacu pada Basic Operation Manual (BOM) Garuda Indonesia
&Company Operational Manual (COM) Merpati Nusantara Airlines Point 1.11.3
General Performance tentang Take-off field length, maka penulis melakukan
penelitian di Lapangan Terbang Gading.Observasi yang dilakukan peneliti
adalah dengan mengukur tekanan udara pada daerah yang diobservasi. Selisih
tekanan udara yang terukur terhadap tekanan udara di runway. Mengacu
referensi “Meteorology for Pilot & Flight Dispatcher” (Lukito-2016) disebutkan
bahwa tekanan udara berkurang secara relative linier sebesar 1 mbar untuk
setiap kenaikan ketinggian 29,1667 feet hingga lapisan atmosphere thropopause.
Penulis menggunakan rujukan IVAO untuk membuat procedure turn di Lapangan
Terbang Gading tersebut.
Setelah dilakuan analisis maka dapat disimpulkan bahwa (1) Dimensi
runway untuk tinggal landas dan pendaratan secara visual di Lapangan Terbang
Gading adalah panjang landasan 1400 meter,lebar landasan 45 m, tidak ada Stop
way ,Clearway lahan seluas 500 feet,Takeoff Run Available 1.400
meter,Ascelerate Stop Distance Available 1.400 meter,dan Takeoff Distance
Available 1552 meter.(2)Pemetakan dilakukan dengan 40 titik koordinat yg
terbagi menjadi 2 are, yakni area A dan B(3)Hasil perancangan dapat didapatkan
ada 3 buah Category Pocedure Turn yg bisa dilaksanakan di Lapangan Terbang
Gading, yakni Category A, Category B dan, Category C.
Kata Kunci: Visual Filght Rules.Procedure turn, Takeoff, Landing.
|