© jkj,gwww.itda.ac.id 2022

Detail Skripsi

SERVICING INTEGRATED DRIVE GENERATOR PESAWAT BOEING 737-800 NEXT GENERATION
Penulis
ADITYA RAMDHAN FEBRIANSYAH
Pembimbing : Muhamad Jalu Purnomo, S.T., M.Eng. - Agung Prakoso, S.T., M.Eng.

ABSTRAK :
ABSTRAK Integrated Drive Generator (IDG) adalah sumber tenaga listrik pesawat yang menghasilkan listrik 115/200V AC 400 Hz 3-phase. Daya yang dihasilkan sebesar 90 kVA. IDG terdiri dari komponen Constant Speed Drive (CSD) yang mengubah input putaran variabel dari engine accessory gearbox menjadi putaran konstan 24.000 rpm dan sebuah brushless-type generator AC. IDG menggunakan oli sebagai media pendinginannya. Pada IDG terdapat Different Pressure Indicator (DPI) yang berfungsi sebagai indikasi bila terjadi penyumbatan (clogged) pada scavenge filter. Dalam keadaan normal, IDG melakukan servicing penggantian filter element dan penggantian oli pada satu waktu antara 125 sampai 500 jam terbang. Pelaksanaan inspeksi pada IDG adalah dengan melihat DPI melalui IDG access panel. DPI akan extend/pop-out apabila terjadi filter clogged. Terjadinya filter clogged karena ada partikel-partikel asing yang menyumbat pori-pori filter element, sehingga filter element tidak bekerja dan oli akan melewati scavenge bypass valve. Servicing IDG akan dilakukan dengan mengganti scavenge dan charge filter serta mengganti oli IDG. DPI dapat di-reset sebanyak 3 kali tanpa harus mengganti IDG. Filter element yang telah digunakan tidak bisa digunakan kembali. Setelah melakukan servicing, DPI akan diinspeksi sebanyak 4 kali tiap 100 jam terbang. Jika tidak terjadi DPI extend/pop-out selama 4 kali 100 jam terbang, maka pelaksanaan servicing bisa kembali dengan waktu normal. Kata kunci: Integrated Drive Generator (IDG), IDG servicing, dan IDG scavenge and charge filter inspection/check.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : ADITYA RAMDHAN FEBRIANSYAH
NIM : 15060012
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2022