© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PEMODELAN DAN ANALISIS STRUKTUR WING UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) SEJENIS BIXLER 2 MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R20
Penulis
FIRMAN ILLAHY
Pembimbing : Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T. - Dwi Hartini, S.T., M.T.

ABSTRAK :
PEMODELAN DAN ANALISIS STRUKTUR WING UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) SEJENIS BIXLER 2 MENGGUNAKAN SOFTWARE CATIA V5R20 Disusun Oleh: FIRMAN ILLAHY 08050129 “ABSTRAK” Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan salah satu dari jenis pesawat terbang. Salah satu hal yang harus diperhatikan pada UAV adalah kekuatan dan ketahanan dari desain struktur wingnya dalam menerima beban pesawat yang terdistribusi. Selain desain struktur dan pembebanannya, kriteria kekuatan struktur juga dipengaruhi oleh kekuatan materialnya. Berdasarkan pentingnya struktur wing dan material yang digunakan, maka penulis melakukan pemodelan dan menganalisis kekuatan struktur pada wing pesawat UAV sejenis Bixler 2. Proses yang dilakukan adalah menghitung nilai beban gaya angkat yang mana beban tersebut akan diaplikasikan pada struktur wing yang telah dimodelkan dan kemudian dianalisis menggunakan CATIA V5R20 di mana proses analisis pada software tersebut menggunakan metode elemen hingga. Mencari nilai kekuatan struktur wing dapat dilakukan setelah memperoleh hasil analisis dengan mengetahui nilai margin of safety di mana nilai untuk struktur dapat dikatakan aman dan nilai untuk struktur dikatakan tidak aman ketika menerima beban. Struktur wing masih dapat dikatakan aman dalam menahan beban baik pada kondisi cruising yang bernilai beban sebesar dengan load factor maupun kondisi turning performance (banking) yang bernilai beban sebesar dengan load factor. Pada kondisi hard landing yang memiliki nilai beban sebesar dengan load factor, maka didapat nilai tegangan maksimum pada struktur wing section sebesar dengan margin of safety sebesar dan nilai tegangan maksimum pada struktur spar tube sebesar ⁄ dengan margin of safety sebesar. Dari ketiga hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa struktur wing keseluruhan masih dapat menahan beban, kecuali struktur wing section pada kondisi hard landing. Kata Kunci: Analisis, Margin of Safety, UAV Bixler 2, CATIA V5R20


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : FIRMAN ILLAHY
NIM : 08050129
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024