© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Penumpang Domestic Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto
Penulis
DAMARENDRA GALIH KUSUMA
Pembimbing : Drs. C. Suhardiwarno, M.Si. - Karseno KS., INZ., S.E., M.M.

ABSTRAK :
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PENUMPANG MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Penumpang Domestic Maskapai Lion Air di Bandar Udara Internasional Adisutjipto) DAMARENDRA GALIH KUSUMA 10050043 damarkusuma92@gmail.com ABSTRAK Di tengah persaingan antar maskapai penerbangan yang semakin ketat, banyak upaya yang dilakukan maskapai-maskapai penerbangan untuk meningkatkan kualitas pelayanannya tidak terkecuali Lion Air. Dari sumber yang didapat masakapai Lion Air sering mengalami penurunan kualitas pelayanananya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kulaitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang Lion Air. Dengan mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas penumpang melalui kepuasan sebagai variabel intervening maka maskapai Lion Air bisa terus meningkatkan pelayanannya. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modeling dengan bantuan softwere AMOS 22. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan menggunakan sampel sebanyak 120 sampel. Dari hasil kuesioner yang didapatkan data diolah menggunakan metode structural equation modeling. semua data valid dan nilai reability kualitas pelayanan sebesar 0,9553, kepuasan penumpang 0,8422, loyalitas 0,8185. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,667 dan nilai C.R 6,902. Kepuasan penumpang berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang dengan nilai koefisien standardized regression weight sebesar 0,715 dan nilai C.R 5,509. Kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap loyalitas penumpang melalui kepuasan sebagai variabel intervening dengan nilai direct effect 0,269 < indirect effect 0,553. Kata kunci : Kualitas pelayanan, structural equation modeling, intervening


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : DAMARENDRA GALIH KUSUMA
NIM : 10050043
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024