© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

ANALISIS KARAKTERISTIK AERODINAMIKA DAN KESTABILAN PESAWAT UAV CARGO-X DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE XFLR5
Penulis
KHAIRIL FADLI
Pembimbing : Buyung Junaidin, S.T., M.T. - Moh. Ardi Cahyono, S.T., M.T.

ABSTRAK :
ANALISIS KARAKTERISTIK AERODINAMIKA DAN KESTABILAN PESAWAT UAV CARGO-X DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE XFLR5 KHAIRIL FADLI Departemen Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA) Jl. Janti Blok -R Lanud Adisutjipto Yogyakarta NIM.14050028, Email: fadlikhairil@gmail.com ABSTRAK Dalam sebuah proses perancangan pesawat UAV sebelum masuk pada tahapan produksi, berbagai aspek yang sangat penting dilakukan yaitu analisis karakteristik aerodinamika, kestabilan, struktur, prestasi terbang dan dinamika terbang sebuah pesawat, sampai lebih jauh lagi mengenai sistem kendali autopilot pesawat tersebut. Dimana setiap permasalah pada pesawat UAV memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada setiap bidangnya, namun dalam penelitian ini hanya menganalisis karakteristik aerodinamika dan kestabilan pada Pesawat UAV Cargo-X yang telah didesain oleh Wildan untuk misi pengiriman barang. Adapun tujuan dari penenelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika, mengetahui penentuan letak titik center of gravity (CG), mengetahui bagaimana karakteristik kestabilan statik terhadap beberapa variasi yang diberikan dan mengetahui bagaimana analisis kestabilan dinamik berdasarkan tempat kedudukan nilai akar karakteristik (eigenvalue). Penentuan letak titik CG, Analisis karakteristik aerodinamika dan kestabilan pada Pesawat UAV Cargo-X dilakukan dengan menggunakan software XFLR5, penentuan letak titik CG dengan batasan MAC dan statik margin MAC. Analisis karakteristik aerodinamika dilakukan hanya dengan parameter, kemudian analisis kestabilan statik pada matra longitudinal diberikan variasi kecepatan, variasi ketinggian dan variasi defleksi elevator, kestabilan statik pada matra lateral diberikan variasi defleksi aileron dan kestabilan statik pada matra direksional diberikan variasi defleksi rudder. Sedangkan analisis karakteristik kestabilan dinamik pada matra longitudinal dan matra lateral direksional dilakukan menganalisis dari nilai eigenvalue dan letak posisinya pada root locos view berserta time respone. Berdasarkan hasil penentuan CG maka didapatkan kriteria yang diinginkan degan letak titik CG berada di 31% MAC, karakteristik aerodinamika pada Pesawat UAV Cargo-X menunjukan penambahan sudut serang akan menghasilkan penambahan koefisien lift sehingga meningkatkan lift, penambahan sudut serang juga menambah nilai drag, namun peningkatan koefisien drag masih berada pada koefisien drag minimum. Kemudian untuk analisis kestabilan statik dan dinamik, Pesawat UAV Cargo-X telah memenuhi kriteria kestabilan statik pada beberapa variasi yang telah diberikan dan telah memenuhi kriteria kestabilan dinamik berdasarkan nilai eigenvalue dan letak posisinya pada root locos view berserta time respone baik pada matra longitudinal maupun matra lateral direksional, namun pada matra lateral untuk mode spiral belum memenuhi kriteria stabil dinamik karena nilai eigenvalue berada di sebelah kanan sumbu imajiner . Kata kunci : UAV, Aerodinamika, Kestabilan, XFLR5


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : KHAIRIL FADLI
NIM : 14050028
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024