ABSTRAK :
ANALISIS KARAKTERISTIK AERODINAMIKA DAN KESTABILAN
PESAWAT UAV CARGO-X DENGAN MENGGUNAKAN
SOFTWARE XFLR5
KHAIRIL FADLI
Departemen Teknik Dirgantara Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA)
Jl. Janti Blok -R Lanud Adisutjipto Yogyakarta
NIM.14050028, Email: fadlikhairil@gmail.com
ABSTRAK
Dalam sebuah proses perancangan pesawat UAV sebelum masuk pada tahapan produksi,
berbagai aspek yang sangat penting dilakukan yaitu analisis karakteristik aerodinamika,
kestabilan, struktur, prestasi terbang dan dinamika terbang sebuah pesawat, sampai lebih
jauh lagi mengenai sistem kendali autopilot pesawat tersebut. Dimana setiap permasalah
pada pesawat UAV memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada setiap bidangnya, namun
dalam penelitian ini hanya menganalisis karakteristik aerodinamika dan kestabilan pada
Pesawat UAV Cargo-X yang telah didesain oleh Wildan untuk misi pengiriman barang.
Adapun tujuan dari penenelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika,
mengetahui penentuan letak titik center of gravity (CG), mengetahui bagaimana karakteristik
kestabilan statik terhadap beberapa variasi yang diberikan dan mengetahui bagaimana
analisis kestabilan dinamik berdasarkan tempat kedudukan nilai akar karakteristik
(eigenvalue).
Penentuan letak titik CG, Analisis karakteristik aerodinamika dan kestabilan pada
Pesawat UAV Cargo-X dilakukan dengan menggunakan software XFLR5, penentuan letak
titik CG dengan batasan MAC dan statik margin MAC. Analisis
karakteristik aerodinamika dilakukan hanya dengan parameter,
kemudian analisis kestabilan statik pada matra longitudinal diberikan variasi kecepatan,
variasi ketinggian dan variasi defleksi elevator, kestabilan statik pada matra lateral diberikan
variasi defleksi aileron dan kestabilan statik pada matra direksional diberikan variasi
defleksi rudder. Sedangkan analisis karakteristik kestabilan dinamik pada matra longitudinal
dan matra lateral direksional dilakukan menganalisis dari nilai eigenvalue dan letak
posisinya pada root locos view berserta time respone.
Berdasarkan hasil penentuan CG maka didapatkan kriteria yang diinginkan degan letak
titik CG berada di 31% MAC, karakteristik aerodinamika pada Pesawat UAV Cargo-X
menunjukan penambahan sudut serang akan menghasilkan penambahan koefisien lift
sehingga meningkatkan lift, penambahan sudut serang juga menambah nilai drag, namun
peningkatan koefisien drag masih berada pada koefisien drag minimum. Kemudian untuk
analisis kestabilan statik dan dinamik, Pesawat UAV Cargo-X telah memenuhi kriteria
kestabilan statik pada beberapa variasi yang telah diberikan dan telah memenuhi kriteria
kestabilan dinamik berdasarkan nilai eigenvalue dan letak posisinya pada root locos view
berserta time respone baik pada matra longitudinal maupun matra lateral direksional, namun
pada matra lateral untuk mode spiral belum memenuhi kriteria stabil dinamik karena nilai
eigenvalue berada di sebelah kanan sumbu imajiner .
Kata kunci : UAV, Aerodinamika, Kestabilan, XFLR5
|