© jkj,gwww.itda.ac.id 2024

Detail Skripsi

DESAIN INTERNAL STRUKTUR DAN ANALISIS STATIK STRUKTUR PESAWAT UAV CARGO-X
Penulis
YOSEF SURYA ATMAJA
Pembimbing : Buyung Junaidin, S.T., M.T. - Ir. Djarot Wahyu Santoso, M.T.

ABSTRAK :
DESAIN INTERNAL STRUKTUR DAN ANALISIS STATIK STRUKTUR PESAWAT UAV CARGO-X Yosef Surya Atmaja Nim : 14050003 ABSTRAK Seiring perkembangan zaman yang kian maju, kebutuhan manusia akan teknologi semakin bertambah. Begitu pula dalam dunia penerbangan yang semakin meningkatkan teknologi yang canggih untuk dapat mempermudah manusia dalam mencapai tujuan tertentu, bukan hanya terbatas dalam misi transportasi manusia, namun juga misi transportasi untuk barang. Harapannya pesawat cargo UAV dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang khususnya dalam hal pengangkutan barang yang cepat dengan estimasi biaya yang murah. Melihat dari misinya, maka dalam pembuatan pesawat cargo UAV dibutuhkan suatu desain internal struktur dan analisis struktur untuk mengetahui nilai Tegangan dan Deformasi Maksimum yang terjadi sebagai indikator dari kekuatan dan ketahanan struktur, sehingga pesawat dapat terbang dengan maksimal tanpa terjadi suatu kegagalan. Proses desain internal struktur meliputi penentuan jenis material yang akan digunakan dalam struktur, serta menentukan geometri dan konfigurasi struktur terhadap bagian-bagian pesawat yang hendak dianalisis. Kemudian proses pengujian struktur dilakukan dengan membuat pemodelan struktur terlebih dahulu menggunakan software CATIA. Pemodelan ini meliputi bagian sayap, badan dan ekor pesawat. Struktur pada setiap bagian pesawat tersebut dianalisis kekuatannya dengan menggunakan software ANSYS untuk melihat nilai dari distribusi Tegangan Maksimum dan Deformasi Maksimum yang terjadi pada saat diberikan pembebanan dengan load factor 3. Nilai Margin of Safety dari hasil analisis struktur yang bernilai positif artinya adalah struktur tersebut aman. Hasil dari pengujian struktur pesawat menunjukkan bahwa distribusi Tegangan Maksimum terbesar terjadi pada bagian wing, tepatnya di daerah root wing dengan nilai 174.72 MPa, sedangkan untuk bagian Fuselage nilainya adalah 6.3808 × 10-2 MPa, dan pada bagian Tail nilainya adalah 0.85493 MPa. Deformasi Maksimum yang terjadi pada struktur pesawat bagian wing adalah 32.813mm, sedangkan pada bagian Fuselage adalah 7.8233 × 10-3 mm, dan pada bagian Tail adalah 5.783 × 10-2 mm. Nilai Margin of Safety pada bagian Wing diperoleh sebesar 4.1568, sedangkan pada bagian Fuselage sebesar 207.4378, dan pada bagian Tail adalah 1052.8874. Hasil inin menunjukkan bahwa struktur pesawat cargo UAV secara keseluruhan masih aman. Kata Kunci : Desain Internal, Analisis Struktur, Pesawat UAV Cargo.


Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
Penulis : YOSEF SURYA ATMAJA
NIM : 14050003
Foto :
File : [ Baca file skripsi ]
   

E-LibSTTA

Sistem Informasi Perpustakaan STTA Yogyakarta

© E-LibSTTA 2024