ABSTRAK :
DESAIN INTERNAL STRUKTUR DAN ANALISIS STATIK
STRUKTUR PESAWAT UAV CARGO-X
Yosef Surya Atmaja
Nim : 14050003
ABSTRAK
Seiring perkembangan zaman yang kian maju, kebutuhan manusia akan
teknologi semakin bertambah. Begitu pula dalam dunia penerbangan yang
semakin meningkatkan teknologi yang canggih untuk dapat mempermudah
manusia dalam mencapai tujuan tertentu, bukan hanya terbatas dalam misi
transportasi manusia, namun juga misi transportasi untuk barang. Harapannya
pesawat cargo UAV dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang khususnya
dalam hal pengangkutan barang yang cepat dengan estimasi biaya yang murah.
Melihat dari misinya, maka dalam pembuatan pesawat cargo UAV dibutuhkan
suatu desain internal struktur dan analisis struktur untuk mengetahui nilai
Tegangan dan Deformasi Maksimum yang terjadi sebagai indikator dari
kekuatan dan ketahanan struktur, sehingga pesawat dapat terbang dengan
maksimal tanpa terjadi suatu kegagalan.
Proses desain internal struktur meliputi penentuan jenis material yang
akan digunakan dalam struktur, serta menentukan geometri dan konfigurasi
struktur terhadap bagian-bagian pesawat yang hendak dianalisis. Kemudian
proses pengujian struktur dilakukan dengan membuat pemodelan struktur
terlebih dahulu menggunakan software CATIA. Pemodelan ini meliputi bagian
sayap, badan dan ekor pesawat. Struktur pada setiap bagian pesawat tersebut
dianalisis kekuatannya dengan menggunakan software ANSYS untuk melihat
nilai dari distribusi Tegangan Maksimum dan Deformasi Maksimum yang
terjadi pada saat diberikan pembebanan dengan load factor 3. Nilai Margin of
Safety dari hasil analisis struktur yang bernilai positif artinya adalah struktur
tersebut aman.
Hasil dari pengujian struktur pesawat menunjukkan bahwa distribusi
Tegangan Maksimum terbesar terjadi pada bagian wing, tepatnya di daerah
root wing dengan nilai 174.72 MPa, sedangkan untuk bagian Fuselage nilainya
adalah 6.3808 × 10-2 MPa, dan pada bagian Tail nilainya adalah 0.85493 MPa.
Deformasi Maksimum yang terjadi pada struktur pesawat bagian wing adalah
32.813mm, sedangkan pada bagian Fuselage adalah 7.8233 × 10-3 mm, dan
pada bagian Tail adalah 5.783 × 10-2 mm. Nilai Margin of Safety pada bagian
Wing diperoleh sebesar 4.1568, sedangkan pada bagian Fuselage sebesar
207.4378, dan pada bagian Tail adalah 1052.8874. Hasil inin menunjukkan
bahwa struktur pesawat cargo UAV secara keseluruhan masih aman.
Kata Kunci : Desain Internal, Analisis Struktur, Pesawat UAV Cargo.
|